2014 Internet Akan Kebanjiran Domain Baru

Share:

JAKARTA, SuaraKepri.com – Situs internet dengan akhiran .com atau .org banyak muncul dalam beberapa dekade terakhir. Namun, beberapa minggu lagi, Anda akan melihat URL yang diakhiri dengan .hotel atau .sport.

Internet Corporating for Assignet Names and Number (ICANN) merupakan organisasi nirlaba yang mengatur penamanaan domain. Baru-baru ini ICANN mengumumkan akan membuat 100 domain baru gTLD atau domain yang biasa diperuntukkan untuk masing-masing negara. Setiap permohonan akan dikenakan biaya sebesar USD 185 ribu.

“Ini adalah tonggak bersejarah bagi program baru ICANN dengan gTLD dan perubahan bagi internet secara keseluruhan,” jelas Christine Willett, wakil presden di bagian gTLD operation.

Tentu saja banyak perusahaan akan bersaing untuk memanfaatkan booming nama domain yang baru. Tetapi, ada perusahaan yang hanya mengajukan satu permohonan seperti Hyatt yang hanya mengincar .hyatt, gucci yang mengincar .gucci, dan Apple dengan .apple.

Ada pula perusahaan yang memborong domain dengan mengajukan lebih dari satu surat permohonan. Google misalnya, raksasa mesin pencarian ini sudah mendaftarkan 101 nama setelah gTLD resmi diluncurkan seperti domain .google, .android, .youtube, .tech, dan masih banyak lagi. Amazon juga sudah mengajukan permohonan untuk 76 nama yang berbeda.

Leslie Philips, kepala komunikasi di perusahaan konsultan Fairwinds, merasa keterlibatan Google dan Amazon menandakan eksistensi ini akan berhasil. “Hal ini memungkinkan perusahaan untuk bereksperimen dan lebih dekat dengan pelanggan mereka sambil memperluas merek mereka. Ini adalah masa depan internet,” ujarnya seperti yang di lansir telsetNews dan ABCnews, Selasa (28/1).

2014 Internet Akan Kebanjiran Domain Baru | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya