Adakan Goro Sambut Ultah GMNI Ke-60

Share:

TANJUNGPINANG, SuaraKepri.com – Gerakan MahasiswaBaca » Solidaritas Mahasiswa Desak Kelola Laut 12 Mil. Nasional Indonesia (GMNI) Kota Tanjungpinang adakan gotong royongBaca » Sampah Tutupi Selokan, Lis Ajak Goro Massal. bersama menyambut ulang tahun GMNI ke-60 pada hari Minggu pagi (23/3). Salah satu titik kegiatan Goro mereka adalah membersihkan makam Panglima Hitam, di Km. 8, Sei Carang.

Salah satu Ketua GMNI Komisariat Fakultas Elekro, Erial Syahputra mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan FDisnatalis GMNI ke-60 tahun sebagai semangat juang mahasiswa berjiwa nasionalisme mengawal NKRI. “Salah satu titik Goro kami adalah makam Panglima Hitam Lancang Kuning di Sei Carang. Selain itu ada beberapa Goro membersihkan drainase yang mengakibatkan banjir,” ujar mahasiswa tersebut yang juga wakil Sekretaris Piaman Community KepriBaca » PIAMAN Community : Gerakan Seribu Untuk Anak Negeri..

Erial menceritakan pada mulanya ada tiga organisasi di tiga kota, yaitu Gerakan Mahasiswa Merdeka di Jakarta, Gerakan Mahasiswa DemokratBaca » Peppy Chandra Dan Husnizar Berbagi THR Untuk Pengurus Makam. di Yogyakarta dan Gerakan Mahasiswa Marhaenis di Surabaya. “Gerakan ini memiliki watak yang sama, yaitu kebangsaan dan kerakyatan,” katanya.

Didasari oleh kesamaan watak ini, mereka melebur diri menjadi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, kemudian disingkat menjadi GMNI, pada tanggal 23 Maret 1954.

“GMNI menyadari bahwa Pancasila lahir dari kristalisasi perjuangan bangsa Indonesia untuk membebaskan dirinya dari segala bentuk penjajahan, penindasan, dan ketidakadilan,” tambahnya.

Oleh karena itu, lanjutnya sesuai dengan tujuan dan watak GMNI maka kongres VIII di Bandung, 18-20 November 1983, GMNI menetapkan Pancasila sebagai azasnya.

“Tujuan GMNI adalah mendidik para kader bangsa serta ikut mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” tegasnya.

GMNI bersifat Independen. Artinya GMNI tidak memiliki keterkaitan organisatoris dengan partai-partai politik. “Anggota GMNI bebas menyalurkan aspirasinya pada tiap-tiap kekuatan politik yang ada di Indonesia. Selain itu kami juga akan terus berjuang untuk menjaga kesinambungan pembangunan daerah, khususnya Kota Tanjungpinang,” tutupnya. (Taufik/Harris)

Adakan Goro Sambut Ultah GMNI Ke-60 | Redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose