Bawaslu Laksanakan Media Gathering Persiapan Pilkada 2018 Dan Pemilu Raya Tahun 2019

Share:

Tanjungpinang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melaksanakan Media Gathering untuk persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) Raya tahun 2019, di Sekretariat Bawaslu, Jalan Diponegoro, Kamis (22/6).

Ketua Bawaslu Kepri, Razaki Persada mengatakan media gathering merupakan bentuk kerjasama Bawaslu Kepri dengan teman-teman wartawan sebagai mitra dalam rangka memberikan masukan jelang persiapan Pilkada 2018.

“Dimana Bawaslu Kepri berharap dengan terselenggaranya acara ini persoalan-persoalan jelang pilkada 2018 di Kota Tanjungpinang bisa dipetakan dan dicegah dengan baik. Hasil dari diskusi ini, diharapkan menjadi bahan evaluasi dalam pelaksanaan pengawasan Pilkada 2018 oleh Bawaslu Kepri hingga menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya,” katanya.

Ia menjelaskan pastisipasi aktif media pada penyelenggaraan Pemilu turut membantu kinerja Bawaslu dalam menjalankan tugas dan fungsi. Media juga berperan penting sebagai panyampai informasi mengenai tahapan pemilu.

“Peran media sangat diperlukan dalam penyelenggaraan pilkada nantinya,” katanya.

Ia mengatakan potensi kerawanan dan fokus pengawasan Bawaslu tengah menyusun Renstra Bawaslu dalam menghadapi Pilkada 2018 dan Pemilihan Raya 2019 . Diketahui pelaksanaan pilkada 2017 terdapat 171 Kabupaten dan kota, 39 diantaranya kota 115 kabupaten dan 1 diantaranya adalah Kota Tanjungpinang.

“Dalam operasionalisasi konsep kerawanan pemilu, pengukuran Indeks Kerawanan Pemilu terdiri dari 3 Dimensi, 10 Variabel, dan 31 Indikator. 3 Dimensi yang diukur dalam IKP adalah Penyelenggaraan, Kontestasi, Partisipasi,” ungkapnya.

Media Gathering tersebut turut dihadiri sejumlah jurnalis dari media cetak, online, radio dan televisi lokal.

Bawaslu Laksanakan Media Gathering Persiapan Pilkada 2018 Dan Pemilu Raya Tahun 2019 | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya