BK Diminta Tegas Dengan Dewan Yang Mangkir

Share:

TANJUNGPINANG, SuaraKepri.com – Terkait keresahan warga Tanjungpinang terhadap kinerja wakil mereka di DPRD yang diduga jarang ada di tempat alias mangkir kerja. Hal ini tentu sebagai preseden buruk bagi anggota legislatif yang seharusnya memperjuangkan aspirasi rakyatnya.

Anggota Dewan setiap rapat maupun hearing sering tidak hadir disebabkan karena anggota dewan tersebut kini disibukkan dengan berjuang mencalonkan kembali sebagai anggota dewan periode 2014-2019. Mereka sibuk dalam melakukan sosialisasi, membuat pencitraan dan pendekatan terhadap masyarakat, ketimbang tugas yang kini masih menjadi tanggung jawab mereka.

Sering mangkirnya anggota dewan ini, diakui oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang, Soeparno yang dijumpai SuaraKepri.com pada hari Selasa (12/2) seusai sidang paripurna di Kantor DPRD Kota Tanjungpinang, Senggarang. “Memang banyak yang tidak hadir, tetapi kebanyakan yang tidak hadir karena disebabkan sosialisasi partai politik dan sebagian karena izin. Seperti Bapak Asep, masih dalam keadaan duka cita, sementara itu Fraksi PPN masih ada kegiatan melaksanakan kegiatan. Yang lainnya izin karena ada kesibukan keluar kota,” ujar Ketua DPC PDIP Kota Tanjungpinang.

Terkait ketidakhadiran tanpa adanya pemberitahuan, Soeparno akan mencoba berkoordinasi dengan ketua fraksi masing-masing di DPRD Kota Tanjungpinang. “Untuk kedisiplinan anggota dewan itu terkait kode etik dewan. Dan yang lebih berwenang adalah Badan Kehormatan (BK) DPRD yang menangani masalah kode etik ini,” jelasnya.

Hal yang sama juga terjadi di DPRD Provinsi Kepri, sering mangkirnya anggota legislatif Provinsi Kepri ini juga sering tampak disetiap kegiatan rapat maupun lainnya.

Ketua BK DPRD Kepri, H.M. Sadar menyadari terkait tingkat kehadiran anggota dewan menjelang pemilu 2014 makin berkurang. “Harapan kita semoga teman-teman (anggota DPRD Kepri) untuk saling menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab mereka sebagai anggota dewan masih ada sampai berakhirnya periode 2009-2014 ini,” ungkapnya.

BK Diminta Tegas Dengan Dewan Yang Mangkir | Redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya