Bupati Bintan Dianugerahi Tanjak Kebesaran Melayu Bintan

Share:

Bintan – Bupati Bintan, H. Apri Sujadi, S.Sos diberikan Tanjak Kebesaran Melayu Bintan oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepulauan Riau, Datuk Abdul Razak dan Ketua LAM Bintan Datuk M.Saleh pada malam Acara Pelestarian Adat Istiadat Melayu Bintan di Gedung LAM Bintan Kota Kijang, Sabtu (15/4) malam.

Pada malam acara tersebut, Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos mengatakan bahwa hendaknya peranan untuk melestarikan budaya dan adat istiadat sudah seharusnya menjadi kewajiban bersama seluruh sektor lini, baik itu Pemerintah Daerah, masyarakat, pecinta seni dan juga tokoh masyarakat.

Namun hal yang paling penting menurutnya adalah bagaimana usaha-usaha pelestarian adat istiadat dengan mengikutsertakan generasi muda bagi keberlangsungan adat melayu bintan.

Menurutnya juga, bahwa beberapa ide bersama telah ia susun dalam mewujudkan pelestarian adat istiadat budaya melayu seperti halnya pencanangan memakai tanjak serta memasukkan seni dan unsur budaya dalam kurikulum muatan lokal di sekolah tingkat SD dan SMP.

“Pelestarian budaya adat istiadat melayu bintan merupakan suatu hal yang penting. Mungkin beberapa ide saran dan masukan demi pelestarian budaya adat istiadat bisa dilakukan bagi generasi muda seperti pemakaian tanjak. Serta mengikutsertakan budaya adat istiadat melayu Bintan dalam kurikulum muatan lokal untuk anak SD dan SMP,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bintan Drs Makhfur Zurachman mengatakan bahwa Acara Pelestarian Adat Istiadat Melayu Bintan menggelar beberapa tajuk kegiatan seperti Cinta Sastra Melayu, Doa Serapah Melayu (Doa Tolak Bala), Junjung Busana Melayu serta Pagelaran Seni Gemilang Melayu.

“Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada generasi penerus terhadap seni budaya melayu Bintan yang sesungguhnya. Dimana adat istiadat pengantin melayu, seni berpantun, seni lukisan melayu, seni tari melayu bisa kita saksikan sebagai pembelajaran akan arti melayu Bintan sesungguhnya,” tutupnya.

Bupati Bintan Dianugerahi Tanjak Kebesaran Melayu Bintan | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya