Bupati PHP Beasiswa, Mahasiswa Natuna Banyak Terancam Putus Kuliah

Share:

Inilah nilai Sely Masalena, yang sempat kuliah Semester 1 di Umrah dengan nilai cukup memuaskan.

Tanjungpinang – Akibat pemberian harapan palsu (PHP) oleh Bupati Natuna, Hamid Rizal, mengakibatkan mahasiswa Natuna yang kuliah diluar daerah terancam terhenti. Banyaknya mahasiswa yang batal kuliah maupun putus kuliah ini juga banyak didapati di Kota Tanjungpinang.

Informasi ini diperoleh dari Ketua Himpunan Mahasiswa Kabupaten Natuna (HMKN) Kota Tanjungpinang, Febriu Yanto. Febriu mengatakan bahwa pihaknya telah mendapat keluhan dari pelajar tamatan SLTA yang ingin kuliah menjadi batal, maupun yang telah menjadi mahasiswa di perguruan tinggi (PT) harus berakhir.

“Setelah mengetahui bahwa beasiswa tidak sesuai dengan harapan yang telah dijanjikan oleh Bupati Natuna, banyak yang terancam kuliahnya. Mereka pun mengadu dengan kami bahwa ada yang akan batal kuliah hingga putus kuliah,” ujarnya.

Febriu pun mencontohkan salah satunya Virgo Bintang Kuswara, yang merupakan tamatan SMA Negeri 1 Ranai. Ia dulu pernah tinggal di Limau Manis sekarang pindah di Ranai, karena yatim piatu, Virgo tinggal bersama tantenya.

“Sekarang dia sudah kelas 3 menegah atas dan berencana kuliah di Universitas Maritim Raja Haji (Umrah) Negeri di Tanjungpinang. Sekarang masih bingung mencari dana untuk kuliah karena kedua orangtuanya sudah meninggal dunia,” tegasnya.

Lanjutnya, satu lagi putri Natuna bernama Sely Marsalena, ia kini kuliah di Umrah dan harus merelakan putus kuliah karena tidak sanggup membayar uang kuliah.

“Untut kuliah di Umrah, Sely membutuhkan paling sedikit sebanyak Rp 3,4 juta, itu belum termasuk biaya lainnya. Sekarang dia sudah memasuki semester 2 dan hanya bisa iri melihat teman-temannya. Kalau dilihat dari nilai semester 1 kemarin itu sangat memuaskan,” geramnya.

Febriu pun sebelumnya juga berharapan adik-adik maupun rekan-rekannya yang ingin mengecap pendidikan tinggi bisa dipermudah adanya beasiswa, tetapi jauh dari harapan.

“Semoga ada peran dari bapak bupati mengenai janjinya yang ingin mengutamakan pendidikan bagi putra-putri daerah asal Natuna,” ungkapnya.

Bupati PHP Beasiswa, Mahasiswa Natuna Banyak Terancam Putus Kuliah | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya