Cabut Flashdisk Tanpa di Eject, Data Hilang?

Share:
USB Flashdiks Eject. | Raw-file-system.com

USB Flashdiks Eject. | Raw-file-system.com

SUDAH banyak mitos yang beredar mengenai penggunaan USB flashdisk di masyarakat. Bahkan, di antaranya sudah salah kaprah dan sama sekali tidak benar.

Salah satu yang paling sering dilakukan bahkan oleh Anda sekalipun, adalah mencabut USB Flashdisk dari laptop atau PC dengan cara dieject terlebih dahulu. Apabila tidak dilakukan, maka Flashdisk Anda akan cepat rusak dan data Anda bisa hilang. Benarkah hal itu dapat terjadi?

Seperti yang dikutip dari LifeHacker (30/11), mencabut USB Flashdisk sebelum dieject tidak akan dapat membuat data Anda hilang, jika semua proses yang berhubungan dengan flashdisk telah selesai.

Artinya, eject atau proses ‘Safely Removing the Hardware’ bertujuan agar tidak ada lagi proses baca tulis ke USB Flashdisk, sehingga Anda akan dimintai konfirmasi melalui option tersebut agar data yang Anda miliki tetap terjaga.

Dengan adanya penjelasan tersebut maka mitos yang beredar seputar proses eject pada USB Flashdisk tidak bisa dibenarkan, namun juga tidak bisa disalahkan. Pada dasarnya, Anda harus memastikan bahwa semua proses yang berhubungan dengan USB Flashdisk Anda telah selesai sebelum Anda melepasnya dari perangkat komputer atau laptop.

Cabut Flashdisk Tanpa di Eject, Data Hilang? | redaksi

Komentar Pembaca


Baca jugaclose