Diikuti 42 Tim, Dragon Boat Race Berhadiah Total Rp 160 Juta

0
126

Tanjungpinang – Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Tanjungpinang, Reni Yusneli, mengatakan peserta Tanjungpinang Internasional Dragon Boat Race (IDBR) sebanyak ada 42 Tim peserta dengan merebutkan total hadiah Rp 160.000.000,- (Seratus enam puluh juta rupiah), dan Rp 15.000.000,- (Lima belas juta) untuk lomba perahu kayak.

Dari 42 Tim peserta IDBR Reni menyebutkan ada 5 Tim dari luar negeri yang berpartisipasi ikut serta memeriahkan acara lomba Festival Barahari IDBR di Sei Carang.

“Ada yang dari Provinsi Jambi, Provinsi Riau, Provinsi DKI Jakarta dan ada juga 5 Tim dari luar negeri seperti Malaysia dan Singapura,” ucapnya.

Reni juga menyebutkan kenapa cuma ada 5 Tim peserta dari luar negri serta ada tiga yang harus dievaluasi agar Tanjungpinang menjadi prioritas peserta dari luar negeri.

“Ada tiga hal yang harus kita evaluasi untuk menarik minat mereka memproritaskan Tanjungpinang sebagai tujuan perlombaan mereka. Harus ada kalender Iven yang tetap untuk perlombaan Dragon Boat Race. Kedua dari jauh-jauh hari kita sudah memberitahu mereka, dan ke 3 Adalah menambah hadiahnya,” kata Reni di Acara Festival Sungai Carang Internasonal Dragon Boat Rase (IDBR) yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang telah resmi dibuka di Kota Rebah Sei Carang, Jum’at 20 Oktober 2017.

Tidak hanya itu, Reni juga berharap adanya Iven tahunan IDBR ini menjadi salah satu penunjang kemajuan pariwisata di Kepri dan memajukan perekonomian masyarakat Tanjungpinang.

“Kita berharap adanya Iven tahunan perlombaan IDBR ini menjadi peluang untuk menarik Pariwisata dari luar dan bisa memajukan ekonomi, “harap Reni

Tradisi perlombaan perahu naga ini telah ada sejak Zaman Negara-negara Berperang. Perlombaan ini masih ada sampai sekarang dan diselenggarakan setiap tahunnya baik di Tiongkok Daratan, Hong Kong, Taiwan maupun di Amerika Serikat.

Bahkan ada perlombaan berskala internasional yang dihadiri oleh peserta-peserta dari manca negara, kebanyakan berasal dari Eropa ataupun Amerika Utara. Perahu naga ini biasanya didayung secara beregu sesuai panjang perahu tersebut.

Penulis : Erial

[sk]

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan tinggalkan komentar anda!
Please enter your name here