Dikunjungi Ribuan Pengunjung, Pulau Penyengat Menjadi Padat

0
590
Tampak begitu ramainya kunjungan masyarakat dengan adanya Festival Pulau Penyengat. Ist

Tanjungpinang, SuaraKepri – Seperti hari besar Islma, Idul Fitri dan Idul Adha, Pulau Penyengat begitu padat dikunjungi oleh masyarakat hingga turis mancanegara selama sepekan ini. Hal ini dikarenakan adanya Festival Pulau Penyengat tahun 2016 yang diadakan pulau bersejarah bagi masyarakat Kepri khususnya Kota Tanjungpinang.

Event ”Festival Pesona Penyengat” sesuai dengan direncanakan akan digelar 20 hingga 25 Februari 2016 ini.

Adapun tempat/venue kegiatan di langsungkan di tiga kawasan yakni kawasan balai adat, Kawasan Balai Desa/Perlabuhan Penyengat, dan kawasan Kampung Bulang.

Di Kawasan balai adat akan digelar klinik sastra, melukis/mewarnai, penyajian sejarah, sampan layar, sampan dayung, tangkap itik, pukul bantal, kuliner Melayu, lomba pidato sadar wisata, layang-layang, dan panggak gasing.

Sedangkan di Kawasan Balai Desa akan digelar lomba baca Gurindam 12, cerdas cermat pantun, baca puisi, fashion show busana Melayu, dan renang tradisional. Untuk kawasan Kampung Bulang akan dilaksanakan lomba fotografi, pompong hias dan becak hias.

H. Juramadi Esram
H. Juramadi Esram

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram cukup senang dengan antusias masyarakat dan kunjungan wisatawan ke Festival Pulau Penyengat. Ia pun melihat bahwa Festival ini sebagai permulaan dari keberhasilan dari event yang memiliki nilai jual bagi Kota Tanjungpinang.

“Alhamdulillah, pada hari kedua setelah pembukaan, ada sekitar 3.000 ribu masyarakat dan turis yang datang. Bahkan transportasi yang kita siap dengan mengaet para pengusaha pompong pancung saja udah kewalahaan. Tapi kita tetap maksimal untuk mensukseskan event ini,” ujar Esram.

Sebelumnya, Esram juga mengakui bahwa adanya cuaca buruk, hujan lebat seharian yang melanda Kota Tanjungpinang, membuat acara pembukaan tidak sesuai dengan harapan.

“Itu (hujan lebat) sudah kehendak Allah SWT yang tak bisa kita hindari. Kita Anggap berkah, buktinya pada hari-hari selanjutnya, Minggu dan Senin, kedatangan pengunjung yang begitu ramai dapat kita lihat sendiri. Alhamdulillah, even ini pun akan dijadikan even tahunan yang mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Pemprov Kepri,” ungkapnya. (Harris)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan tinggalkan komentar anda!
Please enter your name here