Donor Darah, Pemko Batam Kumpulkan 41 Kantong

Share:

BATAM, SuaraKepri.com – Wakil Walikota Batam, Rudi meninjau aksi sosial donor darah di lobi kantor Walikota, Senin (25/11). Kegiatan sosial kemanusiaan yang diikuti pegawai lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam ini digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Batam ke-14 yang disejalankan dengan HUT Korpri ke-42, Hari Jadi Batam ke-184 dan hari Kesehatan Nasional ke-49.

Aksi donor darah tersebut berhasil mengumpulkan 41 kantong darah dari berbagai jenis golongan darah dalam kurun waktu 3 jam, yakni mulai pukul 08.00 sampai dengan 11.00 WIB. Rudi mengatakan, awalnya target kegiatan tersebut sebanyak 50 kantong, namun meski belum mencapai target, Rudi yakin kalau aksi tersebut mendapat dukungan dari banyak pihak dan darah yang terkumpul sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Masih kata Rudi, sebenarnya banyak pegawai yang ingin mendonorkan darahnya, terbukti ada 71 orang mendaftar. “Sekitar 30 orang tidak dapat mengikuti aksi donor darah karena tidak memenuhi persyaratan,” jelas Rudi.

Persyaratan ini antara lain HB rendah, tekanan darah tidak normal, belum sarapan, kurang tidur, atau pernah meminum obat dalam beberapa hari terakhir.

Ditambahkannya, Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian dipakai pada transfusi darah.

“Donor darah tidak hanya bermanfaat untuk warga yang membutuhkan darah saja. Bagi pendonor akan mendapatkan kesehatan setelah mendonorkan darahnya,” kata Rudi.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dan akan terus berlanjut mengingat kebutuhan darah di Kota Batam, khusunya Kepri, setiap harinya selalu meningkat. Kondisi tersebut, membuat Palang Merah Indonesia (PMI) Batam kewalahan dalam menangani permintaan stok darah mereka yang membutuhan.

“Dari kondisi ini membuat semua tergerak untuk melakukan aksi donor darah,” pungkas Rudi. (Humas)

Donor Darah, Pemko Batam Kumpulkan 41 Kantong | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya