DSP3A Natuna Laksanakan Pelatihan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan

Share:

NATUNA – Pemerintahan Daerah Kabupaten Natuna melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam upaya penanggulangan kemiskinan berbasisi pemberdayaan adalah melalui pelatihan keterampilan pelatihan baru di lingkungan masyarakat khususnya keluarga miskin serta dapat meningkatkan keterampilan yang ada.

Sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Paradigma terhadap penangganan masalah sosial tidak saja terfokus pada substansi kemiskinan, tetapi sudah bergeser pada pembangunan keluarga “Family Resilience” (Katahanan Pangan) yaitu kemampuan keluarga dalam mengelola sumber daya yang dimiliki serta menanggulangi masalah yang dihadapi untuk dapat memenuhi kebutuhan fisik maupun psikososial keluarga.

Dalam hal ini, solusi alternatif adalah melalui pelatihan keterampilan.

Hal tersebut dikatakan Bupati Natuna, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi saat membuka acara kegiatan Pelatihan Keterampilan Berusaha Bagi Keluarga Miskin Kabupaten Natuna tahun 2017, di Asrama Haji Kompleks Natuna Gerbang Utara Ku, Senin (20/11) pagi.

Masih kata Siswandi, Kabupaten Natuna dengan jumlah penduduk pada tahun 2016 kurang lebih 75.282 jiwa yang terdiri dari penduduk dibawah garis kemiskinan. Berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) tahun 2016 sejumlah 4.838 jiwa atau sebesar 6,43%.

Untuk mengatasi masalah kemiskinan tersebut, dijelaskan Siswandi, pemerintah pusat maupun pemerintah daerah membuat suatu program dalam penanggulangan kemiskinan seperti yang diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

“Kegiatan yang melibatkan langsung masyarakat dalam prosesnya yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat agar dapat mandiri dan mampu memperbaiki kualitas kehidupan mereka melalui tidakan mereka sendiri untuk mereka sendiri,” kata Siswandi dalam sambutannya.

Kadis Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Natuna sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan, Kartina Riawita, mengatakan tujuan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan serta meningkatkan keterampilan keluarga miskin dalam mengembangkan usaha mereka untuk dapat melaksanakan fungsi sosialnya dalam pemenuhan kebutuhan dasar secara mandiri.

“Peserta yang mengikuti pelatihan keterampilan berusaha bagi keluarga miskin ini berjumlah 42 orang dari 12 Kecamatan se Kabupaten Natuna. Sedangkan anggaran dalam kegiatan ini bersumber dari APBD Natuna tahun 2017,” jelas Kartina.

Sedangkan, Narasumber pelatihan keterampilan berusaha bagi keluarga miskin Kabupaten Natuna adalah Pejabat Dinas Sosial Provinsi Kepri, Pejabat Dinas Sosial PPPA Kabupaten Natuna dan Praktisi Ella Makeup Wedding.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (Lima) hari, mulai dari 20 sampai 24 November 2017. Semoga kegiatan ini diikuti dengan baik oleh peserta,”Tutup Kartina.

Acara pembukaan tersebut, selain dihadiri Sekda Natuna, Wan Siswandi dan Kadis Sosial PPPA Natuna, Kartina Riawita, dandan Asisten 3, Izwar Aspawi juga dihadiri beberapa pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna. (Imam)

DSP3A Natuna Laksanakan Pelatihan Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Pemberdayaan | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya