Dua Kecamatan Kota Tanjungpinang Terapkan PATEN

Share:

TANJUNGPINANG, SuaraKepri.com – Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) merupakan salah satu inovasi pelayanan dengan mengoptimalkan fungsi Kecamatan sebagai simpul pelayanan yang mendukung efektifitas penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu, sehingga diharapkan akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat mendorong partisipasi masyarakat.

Rabu, (16/10), bertempat di Halaman Kantor Kecamatan Bukit Bestari, Jalan MT. Haryono, Tanjungpinang,  Gubernur Provinsi Kepulauan Riau HM. Sani dan Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH meluncurkan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Bukit Bestari dan Kecamatan Tanjungpinang Timur sebagai Penyelenggara PATEN di Kota Tanjungpinang Tahun 2013, ditandai dengan bunyi serine dan pemotongan pita.

Turut hadir pada peluncuran tersebut, Wakil Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Asisten, Staf Ahli, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat, serta perangkat RT dan RW.

Sebelum meluncurkan program PATEN, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau HM. Sani mengatakan program PATEN ini tentunya membawa angin segar kepada masyarakat didalam mendapatkan pelayanan yang baik dan transparant . Diharapkan  PATEN bisa berjalan dengan lancar dan maksimal dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Saya juga berharap, aparatur pemerintah dapat bekerja dengan baik dan ikhlas,” ujar Sani.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, menjelaskan peningkatan pelayanan publik atau public service didaerah dapat dilakukan dengan inovasi manajemen pada unit layanan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), atau tingkat secara langsung yang berhadapan kepada masyarakat yaitu ditingkat Kecamatan.

Hal ini dimaksudkan dalam rangka merespon dinamika perkembangan penyelenggaraan pemerintah daerah menuju tata kelola pemerintahan yang baik, perlu memperhatikan kebutuhan dan tuntutan masyarakat dalam pelayanan.

“Meningkatkan kualitas dan  pendekatan pelayanan kepada masyarakat dan mengoptimalkan peran Kecamatan sebagai perangkat daerah terdepan didalam memberikan pelayanan publik,” ujar Lis.

Dijelaskannya lagi, PATEN merupakan salah satu inovasi pelayanan mengubah pola pikir masyarakat dan aparatur untuk lebih efektif dan efesien didalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar terselenggaranya tata kelola pemerintah yang baik.

“Saya berharap kepada aparatur pemerintah dapat menjalankan tugas dengan baik serta memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” jelas Lis.

Sementara itu Camat Bukit Bestari Riwayat, S. Sos menyampaikan program PATEN sesuai dengan yang diamanatkan Permendagri Nomor 4 Tahun 2010 tentang penyelenggaraan pelayanan publik di Kecamatan.

“Dimana proses pengelolaannya mulai dari permohonan hingga tahap terbitnya dokumen dilakukan pada satu tempat dalam hal ini adalah loket pelayanan. System ini dimaksud agar dapat memudahkan masyarakat karena hanya berhubungan dengan petugas loket pelayanan Kecamatan,” ujarnya

Lanjutnya, dalam pelaksanaan PATEN di Kecamatan Bukit Bestari memiliki 4 pelayanan Administrasi terpadu dan 39 Jenis pelayanan yakni pelayanan administrasi kependudukan, administrasi perizinan, administrasi pertanahan dan administrasi kesejahteraan sosial.

Riwayat  berharap,  kepada Lurah,  Ketua LPM, RT, Ketua RW serta Tokoh masyarakat dapat membantu mensosialisasikan pelayanan PATEN dimasyarakat, serta pelaksana teknis PATEN di Kecamatan Bukit Bestari yang telah mempersiapkan segala sesuatunya.

“Namun semua yang telah dilakukan akan terus dilakukan  evaluasi demi perbaikan-perbaikan dalam proses pelayanan PATEN ini,” tutupnya.

Dua Kecamatan Kota Tanjungpinang Terapkan PATEN | Redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya