Dukung Program Pemerintah, Diskominfo Sosialisasi Solusi Akses Internet dan Aplikasi E-Govermant

0
86

NATUNA – Dalam mendukung Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Natuna mencerdaskan masyarakat, melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Natuna melaksanakan kegiatan Sosialisasi Solusi Akses Internet dan Aplikasi E-Govermant dalam rangka mendukung program kerja Natuna smart Island, di Gedung Sri Srindit Kecamatan Bunguran Timur, Selasa (7/11).

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas tekhnologi informasi berbasis internet, sesuai dengan visi dan misi dari pemerintah daerah Kabupaten Natuna,”Kata Kadis Kominfo Natuna, Raja Darmika, dalam sambutannya.

Tahun 2017 dikatakan Raja Darmika, Dinas Kominfo mendapat bantuan Aplikasi dari pemerintah pusat untuk digunakan oleh pemerintah daerah Natuna.

Sesuai dengan amanat instruksi Presiden No 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan e goverment, Pemkab Natuna membentuk tim percepatan implementasi e goverment Kabupaten Natuna.

“Tahun 2017, kita diberikan bantuan pembangunan tower BTS USO/KPU di Kecamatan Pulau Laut lalu pembangunan kabel optik palapa ring barat. Selain bantuan pemasangan akses internet di setiap sekolah,”ungkasnya.

“Pemerintah Kabupaten Natuna sudah membuat MoU dengan pihak PT.Telkom untuk menjadikan Natuna Smart Island pada Agustus lalu,”ucap Raja Darmika.

Sementara, Jenderal Manager PT. Telkom Kepulauan Riau, Sony Budi Harsono mendapat tugas khusus dari Presiden RI Joko Widodo untuk mendigitalkan telekomunikasi di seluruh Indonesia, sesuai dengan Visi PT. Telkom “Tobe Of The King”.

“Sesuai dengan Visi PT. Telkom tersebut, maka dibangun kabel optik diseluruh Indonesia, khususnya Kabupaten Natuna yang merupakan daerah percepatan pembangunan. Sehingga kecepatan internet dapat disamakan dengan daerah dan kota-kota lainnya,”kata sony.

Masih kata Sony, PT. Telkom sudah melakukan pemasangan kabel optik dibawah laut yang dihubungkan antar pulau diseluruh Indonesia, seperti pulau Jawa, pulau Sumatera, pulau Kalimantan dan daerah lainnya diseluruh Indonesia.

Sedangkan diudara PT. Telkom telah menyiapkan satelit 4 yang berfungsi untuk berkomunikasi di udara dan laut.

“Saya mewakili PT. Telkom Kepri mengucapkan berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Natuna atas kepercayaan yang diberikan dan kami sangat senang bisa berbuat baik untuk daerah ini. Semoga Natuna jadi smart Island sesuai dengan tujuan dan visi Kabupaten Natuna,” tuturnya.

Bupati Natuna, Hamid Rizal berharap dengan tekhnologi internet yang terus berkembang dapat mencerdaskan pimikiran anak-anak dalam hal positif.

Selain itu, kata Hamid Rizal untuk E-Govermand harus dilaksanakan sampai ke setiap desa, dengan adanya jaringan internet ke setiap desa maka pengawasan dana desa akan mudah dilaksanakan.

“Selama ini yang terjadi dilapangan pemerintah kecamatan maupun pemerintah daerah bahkan pemerintah pusat kewalahan dalam mengawasi dana desa, dengan kemajuan dari internet melalui E-Govermand maka pengawasan tersebut akan lebih mudah dilaksanakan,”ungkap Hamid.

Semoga kegiatan ini dapat mendukung perogram Presiden Jowo Widodo “Nawacita” membangun dari daerah pinggiran. Dan pembangunan ini lebih dipercepatkan.

“Walaupun kecepatan internetnya belum begitu sempurna, tetap kita berikan apresiasi. Karena niat mereka ingin membangun itu ada,”tutup Hamid.

Acara kegiatan Sosialisasi Solusi Akses Internet dan Aplikasi E-Govermant dalam rangka mendukung program kerja Natuna smart Island dibuka secara resmi oleh Bupati Natuna Hamid Rizal.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Natuna Yusripandi, seluruh pimpinan OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Natuna, Kades se Natuna dan Camat beserta pihak PT. Telkom Group.

Penulis : Imam Agus

[sk]

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan tinggalkan komentar anda!
Please enter your name here