FKPD Bersama KPUD Antisipasi Konflik Pemilu 2014

Share:

TANJUNGPINANG, SuaraKepri.com – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Pemko TanjungpinangBaca » Diberi Pelatihan, Petugas Kelurahan Dan Kecamatan Diharapkan Dapat Selesai Sengketa Tanah. mulai mengantisifasi konflik dalam pelaksanaan Pemilu 2014Baca » Timses Caleg Ancam Warga Batalkan Pengaspalan Jalan.. PemiluBaca » Caleg Muda Siap Hadapi Politisi Senior. legislatif tahun 2014 yang sudah semakin dekat, segala persiapan menjelang hari pelaksanaannya pun telah jauh-jauh hari dilaksanakan.

Ketua KPUD Kota Tanjungpinang Robby Patria mengatakan, ada 9 agenda kerja yang dilakukan KPUD Kota Tanjungpinang menjelang pelaksanaan Pemilu pada 9 April mendatang. Segala kesiapan tersebut disampaikan dalam rapat Wali Kota Tanjungpinang bersama FKPD Kota Tanjungpinang, Jumat (21/2) di ruang rapat Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang.

Dalam pelaksanaan persiapannya, Robby menyinggung soal sulitnya petugas PPS merekrut anggota KPPS yang minimal pendidikan terakhirnya SMA/sederajat. “Sementara yang terjadi dilapangan, mayoritas penduduk yang akan direkrut hanya tamatan SMP, sedangkan persyaratan utama anggota KPPS harus tamatan SMA/sederajat,” ujarnya.

Selain itu, Robby juga meminta kepada Wali Kota Tanjungpinang untuk melakukan sosialisasi secara massive dan ajakan moral dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. “Hal ini dimaksud untuk menekan angka golput yang dominan terjadi di masyarakat perkotaan serta menginventarisir masyarakat yang tidak terdaftar khususnya di wilayah pesisir,” harapnya.

Terkait masalah daftar pemilih, Robby juga mengingatkan bagi masyarakat yang telah terdaftar sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap) namun berencana untuk melakukan kegiatan diluar kota disaat hari pelaksanaan Pemilu tanggal 9 April mendatang agar segera melapor kepada RT/RW. “Selain melapor, mereka juga diminta mengisi form A5 sebagai syarat untuk memperoleh surat pindah pilih, sehingga tetap bisa melakukan pencoblosan di tempat lain,” jelasnya.

Selain itu, bagi masyarakat yang belum terdaftar dalam DPT, dapat mendaftarkan diri sebagai Daftar Pemilih Khusus (DPK) Tambahan dengan menunjukkan kartu identitas lain selain KTPBaca » Dewan Minta Warga Laporkan Pegawai Yang Melakukan Pelayanan Buruk. seperti Passport atau dokumen kependudukanBaca » Ingin Terdaftar Pemilih, Dianjurkan Lakukan Perekaman E-KTP. lainnya.

“Dengan catatan pemilih hanya bisa memilih di alamat sesuai dengan yang tertera di dokumen kependudukan yang dimiliknya,” katanya.

Suksesnya pelaksanaan hajatan 5 tahun sekali ini tentunya perlu dukungan dari seluruh pihak, baik aparat pemerintah maupun masyarakat. Saat pra dan pasca pemilu merupakan saat-saat rawan terjadinya konflik di masyarakat dan hal tersebut tentunya patut diwaspadai. Segenap FKPD pun siap membantu menyukseskan pelaksanakan Pemilu 2014.

KapolresBaca » Terkait Penjualan Organ Tubuh Anak, Kapolres Himbau Tetap Waspada. Tanjungpinang, AKBP Patar Gunawan, Sik menghimbau kepada masyarakat agar kendaraan bak terbuka dilarang untuk mengangkut penumpangBaca » Lonjakan Penumpang Belum Terjadi di Pelabuhan SBP . karena rawan kecelakaan.
“Karena banyak para pendukung dan partai yang akan menggunakan kendaraan untuk kampanyeBaca » Panwaslu Masih Menemukan Pelanggaran Kampanye Melibatkan Anak Dibawah Umur., sebaiknya tidak menggunakan kendraan yang baknya terbuka,” ungkapnya.

FKPD Bersama KPUD Antisipasi Konflik Pemilu 2014 | Redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose