Gubernur Bantu Petani Se-Kepri Berupa Alat Produksi Tani

Share:

TANJUNGPINANG, SuaraKepri.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau menyerahkan sejumlah alat Produksi Pertanian kepada masyarakat tani dan kelompok tani se Provinsi Kepulauan Riau, Jumat (22/11) bertempat di kantor Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan di jalan Nusantara KM. 18, Kijang, Bintan Timur Kabupaten Bintan. Alat-alat yang diserahkan meliputi, mini tractor, hand tractor cangkul, parang, sabit, gerobak dan sebagainya. Disamping itu juga bibit palawija kepada para kelompok tani wanita.

Gubernur berharap, masyarakat di Kepri mau memanfaatkan lahan kosong serta pekarangannya guna menunjang kebutuhan gizi dari sayur-mayur. Karena dengan cara demikian adalah salah satu langkah dalam mencukupi kebutuhan sayur segar. Apalagi melakukannya tidak sulit. Yang penting punya kemauan dan ketelatenan dalam merawat.

Adapun jumlah bantuan yang diserahkan oleh Gubernur untuk kelompok tani se Kepulauan Riau meliputi, 35 unit hand tractor, 46 paket cangkul, skop, parang, sabit dan sebagainya. Adapun untuk kelompok tani wanita untuk di Bintan dan Karimun mendapatkan bantuan berupa bibit cabai, bibit bayam, kacang panjang, buncis dan sebagainya, plus dengan obat-obatan untuk mendukung kesuburan tanaman tersebut nantinya.

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau mengatakan, bahwasanya apa yang diberikan kepada petani adalah bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat. Oleh sebab itu, imbal baliknya, petani harus menjaga apa-apa yang sudah diberikan pemerintah tersebut dengan baik, menggunakannya sebagaimana mestinya dan dirawat.

“Kita tahu bahwa di Kepri ini banyak sekali masyarakat taninya, terutama di Bintan. Sedikitnya 4000 lebih rumah tangga yang menggantungkan hidupnya dengan bertani disini. Jika semuanya memanfaatkan pekarangannya, maka sangat banyak sekali yang mereka hasilkan,” kata Gubernur. Gubernur jugamengakui jika Bintan merupakan kampung keduanya setelah Tanjung Balai karimun, oleh sebab itu Gubernur mengaku merasa ada ikatan batin jika bertandang ke Bintan, terutama Kecamatan Bintan timur, karena dia pernah menjadi camat disini.

Sementara itu, Wakil Bupati Bintan dalam sambutannya mengatakan, ada dua persoalan yang selama ini dihadapi masyarakat tani di Bintan. Pertama adalah masalah minyak bersubsidi dan pupuk bersubsisi. Kedua hal ini dinilai hal yang sepele, namun sampai saat ini pula belum ada solusinya. Sementara mastyarakat tani sangat membutuhkan kedua kebutuhan tersebut.
“Minyak bersubsisi tentu utnuk mengisi bahan bakar tractor dan sebagainya, sedangkan pupuk untuk menambah kesuburan tanaman. Kedua hal ini mungkin kita anggap hal yang sepele, namun nyatanya sampai sekarang belum ada penyelesaianya. Masyarakat masih mendapatkan harga minya sama seperti di pasaran, tidak ada subsidi,” kata Khazalik.

Gubernur Kepri Muhammad Sani didampingi, wakil ketua komisi II DPRD Kepri Dalmasri Syam, wakil Bupati Bintan Khazalik dan kepala Dinas Pertahanan pangan Amir Faisal menyerahkan bantuan peralatan tani kepada masyarakat. Bantuan diserahkan untuk seluruh masyarakat Kepri, namun secara simbolis dipusatkan di Kabupaten Bintan.

Gubernur Bantu Petani Se-Kepri Berupa Alat Produksi Tani | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya