Hacker Serang Website Pemko Tanjungpinang

Share:

TANJUNGPINANG, SuaraKepri.com – Belum lagi terungkap pelaku perusak halaman website resmi Pemerintah Kabupaten Anambas beberapa waktu lalu, kini giliran website Pemerintah Kota Tanjungpinang jadi sasaran HackerBaca » Bobol 217 Bank Untuk Palestina, Dihukum Gantung Tetap Tersenyum..

Website resmi Pemerintah Kota Tanjungpinang yang beralamat di www.tanjungpinangkota.go.id berubah menjadi gelap dengan iringan lagu colossal serta beberapa tulisan seperti “STOP KORUPSIBaca » Mantan Bupati Anambas Akhirnya Diperiksa Kejati Kepri. DAN SUAP” dan “JERITAN SUARA HATI ANAK NEGERI”. Tak lupa sang hacker meninggalkan identitasnya “HaCkeD bY Al3x 0wn5” agar mudah dikenali eksistensinya di dunia maya.

Hingga berita ini di turunkan masih belum ada tindakan yang dilakukan oleh instansi terkait dalam hal ini Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk membenahi website mereka.

Di dunia maya hal seperti ini sering disebut dengan teknik web deface yang juga dikategorikan dalam kejahatan cyberBaca » Lima Remaja Bobol Facebook Sejak 2011, Raup Rp 5 Juta Per Hari. atau istilah lain cyber grafity, cyber grafity/web deface diartikan sebagai aktifitas menodai atau mengubah-ubah isi suatu halaman web dengan kalimat, image atau link tertentu yang tidak ada sangkut pautnya dengan misi web tersebut.

Karena rasa penasaran siapa dibalik pelaku web deface di website Pemko Tanjungpinag, akhirnya awak redaksi mencoba mencari beberapa referensi yang memberikan sedikit informasi melalui mesin pencari Google. Ternyata website Tanjungpinangkota.go.id bukan yang pertama jadi sasaran. Berikut ini adalah beberapa website yang juga menjadi sasaran empuk para hacker, dan hampir semua website dari pemerintahan Republik Indonesia:

www.menlh.go.id
www.pusair-pu.go.id
www.bengkuluprov.go.id
www.pri.itb.ac.id
www.pvri.org
dll

Belum diketahui apa motif dari sang hacker melakukan kejahatan cyber tersebut, apakah hanya untuk iseng, atau ada maksud lain.

Semoga pihak pengelola website Pemerintah Kota Tanjungpinang cepat tanggap dalam menyelesaikan masalah ini karena website tersebut merupakan website resmi yang cukup lengkap untuk menjadi patokan masyarakat mencari informasi kegiatan yang dilakukan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Hacker Serang Website Pemko Tanjungpinang | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose