Hindari Minuman Dingin Saat Berbuka Puasa

Share:

Meski menggiurkan, hindari teh dengan kesegaran es batu. | istockphoto

Meski menggiurkan, hindari teh dengan kesegaran es batu. | istockphoto

MENJELANG berbuka puasa, Apa yang biasa Anda cari? Makanan manis atau minuman dingin menyegarkan. Jika Anda memburu minuman dingin, lupakan. Minuman ini memang menggiurkan sebagai pelepas dahaga, namun apakah baik untuk pencernaan.

Saat puasa, praktis tubuh tak menerima asupan sekitar empat belas jam. Dalam waktu delapan jam pula, tak terjadi proses pencernaan makanan karena perut kosong. Spesialis penyakit dalam, dr. Ari Fahril Syam dari FKUI dan RSCM memaparkan: berbuka dengan sesuatu yang dingin membuat tubuh bekerja keras melakukan penyesuaian.

“Pada dasarnya tubuh kita bersuhu 36-37 derajat, saat buka puasa mengonsumsi sesuatu yang dingin (sekitar sepuluh derajat), nantinya tubuh akan merasa tak nyaman,” paparnya.

Ketidaknyaman yang jamak menyerang tubuh adalah radang tenggorokan. Ini karena perubahan drastis tenggorokan dari kering kemudian dilewati dengan sesuatu yang dingin, yang mengakibatkan luka.

Ari menganjurkan minumlah air hangat sebagai pembuka puasa. Atau Anda juga bisa berbuka dengan makanan manis seperti kurma untuk mengembalikan energi. “Makanlah tiga sampai lima buah kurma, baik pula untuk pencernaan.”

Hindari Minuman Dingin Saat Berbuka Puasa | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya