Inilah 12 Keunikan Pada Kucing

Share:

Kucing umumnya dikenal sebagai binatang yang manis dan tenang namun dibalik ketenangannya kucing memiliki perilaku manipulatif dan kemampuan sensibilitasnya yang jarang diketahui oleh manusia.

Berikut 12 fakta unik tentang kucing yang dikumpulkan oleh situs RD dari beberapa penelitian.

1. Dapat Merasakan Gempa Bumi
Bagian bawah kaki kucing memiliki saraf sensitif yang membuatnya jadi berperilaku aneh sebelum gempa bumi terjadi. Meskipun belum didukung dengan teori yang kuat, beberapa peneliti percaya bahwa bantalan kaki kucing dapat merasakan getaran gempa bumi.

2. Menelan dan Mencerna Makanan Tanpa Mengunyah
Peneliti Elaine Wexler-Mitchell, DVM, mengungkapkan bahwa kucing tanpa gigi bisa makan dengan sangat baik.

3. Manipulatif
Proses adaptasi kucing dengan manusia yang tergolong cepat membuat kucing mampu mengontrol suaranya agar dapat perhatian. Vokal kucing akan memelas ketika hendak meminta makanan dan sinyal vokal masing-masing kucing berbeda ketika mengalihkan perhatian manusia.

4.Bisa Bermimpi
Jika kucing berada dalam kondisi yang cukup tenang untuk tidur, maka sistem gelombang otaknya sama dengan pola manusia yang bermimpi ketika tidur.

5. Suka Pujian dan Elusan
Kucing akan dapat menuruti keinginan manusia atau majikannya jika diberikan pujian serta elusan karena binatang ini tidak dapat mengerti hukuman yang diberikan oleh manusia.

6. Salam Hidung
Bagi kucing yang telah memiliki interaksi yang cukup kuat dengan sesama temannya, biasanya akan melakukan salam sapa dengan saling menyentuhkan hidung masing-masing. Kebiasaan ini membantu konfirmasi pengakuan keberadaan mereka secara visual dan mengenal lebih dalam karakter kucing lain, layaknya manusia yang berinteraksi dengan sesamanya.

7.Misteri Dengkuran Kucing
Kucing memiliki kebiasaan mendengkur terus menerus pada saat menghirup dan menghembuskan nafas dan para ilmuwan sampai saat ini belum dapat mengetahui secara pasti penyebab kucing mendengkur. Beberapa ilmuwan percaya bahwa itu berasal dari sistem kardiovaskular bukan tenggorokannya. Nada dengkuran kucing muda biasanya lebih datar sementara yang tua memiliki nada dengkuran yang lebih bervariasi. Coba perhatikan dengkuran kucing Anda.

8. Tidak Bisa Makan Cokelat
Sama seperti anjing, kucing akan jatuh sakit bahkan meregang nyawa ketika makan coklat. Perhatikan konsumsi makanan kucing Anda.

9. Membuat Kontak Mata dengan Kucing Lain
Guna menjalin hubungan dengan kucing lainnya, seekor kucing akan mengedipkan dan menyipitkan matanya guna menarik perhatian.

10. Sepotong Daging Mentah Memperkuat Gusi dan Gigi Kucing
Memberikan sepotong daging mentah setiap harinya ke kucing akan membantu memperkuat dan menjaga gusi dan gigi kucing. Daging mentah yang tepat untuk dikonsumsi kucing dapat berasal dari unggas, kelinci atau daging sapi yang telah dipisahkan tulangnya.

11. Mampu Beradaptasi dengan Cuaca Panas
Hal ini tidak terlepas dari sejarah nenek moyang kucing yang pada awalnya hidup sebagai binatang gurun.

12. Denyut Nadi yang Cepat
Denyut nadi kucing pada umumnya berkisar antara 160-2240 per menit. Semakin muda kucingnya, semakin cepat detak jantungnya. Akan tetapi, hal ini juga tergantung pada usia masing-masing kucing.

Inilah 12 Keunikan Pada Kucing | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya