Inilah Keindahan Puncak Gunung Ranai

Share:

NATUNA – Gunung Ranai merupakan salah satu ojek wisata yang memiliki keindahan luar biasa. Dengan keindahan yang luar biasa tersebut, sangat jarang dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

“Untuk yang doyan mendaki gunung, silakan coba mendaki gunung ranai, disana kita akan disuguhi keindahan Natuna dari atas gunung,”Kata Ari, salah seorang wisatawan dari Bandung saat ditemui di puncak gunung Ranai, Minggu (5/2).

Gunung Ranai memiliki ketinggian 1.035 meter di atas permukaan laut bisa menjadi objek pendakian yang menarik.

Walau tidak terlalu tinggi, Gunung Ranai memiliki gradasi jenis tanaman yang memperlihatkan tipe-tipe vegetasi seperti yang biasa ditemui di gunung yang tinggi. Misalnya, meranti, rasamala, keruing, dan turi.

Fenomena ini lantaran hutan di Gunung Ranai termasuk hutan berawan dataran rendah atau lowland cloud forest.

Salah satu karakter lowland cloud forest adalah puncak gunung biasanya sering tertutup awan dan diselimuti kabut tebal. Karena itu, sangat sulit untuk mencapai Puncak Datuk Panglima Husin, puncak tertinggi di Gunung Ranai yang merupakan tebing batu setinggi 200 meter.

Pendakian juga biasanya hanya bisa dilakukan ketika cuaca cerah untuk menghindari kabut, hujan, dan angin.

“Untuk mencapai puncak tebing batu setinggi 200 meter tersebut, kita harus menempuh perjalan (jalan kaki) sekitar 3 jam. Dengan jalan stapak,”terang Ari.

Namun, Gunung Ranai bukanlah objek wisata satu-satunya di Pulau Bunguran.

“Ternyata Natuna ini sangat indah, tidak bisa dibayangkan,”ucapnya. (Imam/Wendi)

Inilah Keindahan Puncak Gunung Ranai | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya