Jabatan Estafet Singkat Yang Penuh Harapan

Share:

Nuryanto, Penjabat Gubernur Kepri

Penjabat Gubernur Kepri, Nuryanto.

Penjabat Gubernur Kepri, Nuryanto.

SuaraKepri – “Mudah-mudahan apa yang sudah dimulai oleh pak Agung ini bisa diteruskan oleh saudara Nuryanto. Saudara Nuryanto juga agar cepat memahami situasi dan kondisi sosial politik serta kondiri geografis Kepulauan Riau, karena Kepri memiliki posisi yang sangat strategis,” kata Tjahjo.

Nuryanto akhirnya dipercaya untuk memegang estafet sebagai Penjabat Gubernur Kepulauan Riau menggantikan Agung Mulyana. Nuryanto dilantik langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Gedung Daeran pada 31 Desember 2015. Sebelumnya Nuryanto menjabat sebagai Pejabat Eselon I dan Staf Ahli Mendagri di Departemen Dalam Negeri.

Pelantikan penjabat gubernur ini merupakan kali kedua dilakukan di Kepri, lantaran Agung yang dilantik pada Agustus 2015 lalu menggantikan Pimpinan definitif sebelumnya yang ikut Pilkada dan berakhir masa jabatannya. Dan Agung yang telah menjabat sebagai Penjabat Gubernur Kepri selama empat bulan telah memasuki masa pensiun.

Sehingga, Nuryanto diposisikan sebagai penjabat gubernur sampai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri hasil Pilkada 9 Desember 2015 lalu itu resmi dilantik.Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo dalam sambutannya berterimakasih kepada Ir. Agung Mulyana beserta istrinya Hj. Lili Agung Mulyana yang telah melaksanakan tugas dengan baik selama menjabat sebagai Pj. Gubernur Kepri lebih kurang 133 hari.

Setelah dilantik sebagai Penjabat Gubernur Kepulauan Riau, Nuryanto, dengan didampingi istri melakukan ziarah ke Pulau Penyengat pada Sabtu (02/01/16).

Saat ziarah bersama sang istri di Pulau Penyengat.

Saat ziarah bersama sang istri di Pulau Penyengat.

Dengan menggunakan spesboat Kepri 4, Nuryanto dan istri tiba di pelabuhan Penyengat sekitar pukul 14.20 Wib. Setiba di Penyengat, dengan menggunakan becak motor, Nuryanto dan istri langsung menuju ke makam Engku Hamidah.

Selanjutnya Penjabat Gubernur yg baru dilantik empat hari lalu itu, melakukan doa di makam Raja Ali Haji. Disamping itu, Nuryanto yg punya hobi olah raga motor cross tersebut, menyempatkan diri membaca secara seksama teks Gurindam 12 yg ada di sekitar makam Engku Hamidah.

“Tolong saya dicarikan buku Gurindam 12 ini ya,” kata Nuryanto kepada ajudannya, Pandu Winata.

Dari Makam Engku Hamidah, Nuryanto selanjutnya, menuju makam pahlawan nasional, Raja Haji Fisabilillah dan kemudian langsung menuju balai Adat.

Di Balai Adat, Penjabat Gub Kepri itu secara mengejutkan meminta pemusik anak melayu pulau Penyengat yg sedang latihan di Balai Adat untuk mengiringinya mendendangkan lagu Maher zain, Insha Allah.

“Bapak kalau sudah lihat musik, itu lah, harus nyanyi,” celetuk Ny Riswanti, istri Nuryanto sambil tersenyum.

Penjabat Gubernur Kepri, Nuryanto, ketika diminta pendapatnya tentang pulau Penyengat, mengakui sangat mengaguminya, dan meminta semua pihak untuk membantu melestarikan budaya yang ada.

“Memang luar biasa, saya akui, nilai sejarah di Penyengat ini, apalagi tamu yang datang selalu ramai,” ujarnya.

“Memang sudah layak masuk dalam cagar budaya dunia Pulau Penyengat ini,” tambah Nuryanto.

Dan dari balai Adat, Nuryanto mengakhiri kunjungan ziarahnya di Pulau Penyengat dengan melalukan Sholat Ashar berjamaah bersama masyarakat dan tamu lainnya yg ziarah di Pulau Penyengat.

Ikut mendampingi Penjabat Gubernur yakni, Kabag Humas Biro Humas dan Protokol Setda Prov Kepri, Zulkifli SH MSi dan Kasubag Hubungan Antar Lembaga di Bagian Humas, Devi Andika.

Harapan Kepada Nuryanto

Mendagri Tjahjo Kumolo berharap kepada Nuryanto dapat meneruskan kinerja Agung Mulyana yang telah banyak memberikan kontribusi terhadap Kepri. Meski terhitung singkat yang akan dipikul oleh Nuryanto sebagai Pj Gubernur Kepri, Tetapi apa kebijakan yang akan dibuat Nuryanto akan sangat berpengaruh kemajuan Kepri untuk kedepannya.

Tjahjo Kumolo menanda tangani SK pelantikan.

Tjahjo Kumolo menanda tangani SK pelantikan.

“Semoga Pak Nuryanto ini secepatnya memahami potensi yang dimiliki Kepri untuk melanjutkan kepemimpiann Pak Agung sebelumnya sampai nanti gubernur terpilih hasil Pilkada dilantik,” ujar Tjahjo.

Ia mengatakan, Kepri yang merupakan provinsi baru hasil pemekaran daerah, memiliki posisi strategis di negara. Yakni selain berbentuk kepulauan, juga berbatasan dengan negara-negara tetangga sehingga penting untuk senantiasa menjaga Kepri.

“Kepri ini merupakan provinsi kepulauan strategis, jumlah pulaunya cukup besar, meskipun yang berpenghuni 30 persen,” katanya.

“Mudah-mudahan apa yang sudah dimulai oleh pak Agung ini bisa diteruskan oleh saudara Nuryanto. Saudara Nuryanto juga agar cepat memahami situasi dan kondisi sosial politik serta kondiri geografis Kepulauan Riau, karena Kepri memiliki posisi yang sangat strategis,” kata Tjahjo.

Lebih spesifik, Tjahjo juga mengingatkan Nuryanto bahwasanya Kepri merupakan Provinsi kepulauan yang sangat strategis. Merupakan sebuah Provinsi harapan sebagai tulang punggung negara persatuan.

“Maka dari itu stabilitas keamanan dan kenyamanannya harus dijaga. Disini banyak pulau dan terkenal banyak jalur tikus. Pusat keluar masuknya narkoba, orang asing dan jenis-jenis kejahatan lainnya,” tegas Tjahjo.

Ingin Pariwisata Kepri Berkembang

Kamis Pagi Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Riau, Drs.Nuryanto MPA senam bersama para pegawai kamis pagi (07/01/2016) di lapangan kantor Gubernur, Dompak.

Hadir pada kesempatan ini, Sekertaris Daerah Provinsi Kepri, Robert Iwan Loriaux, Asisten 1, Reni Yusneli dan Asisten 3 Syamsul Bahrum beserta Pegawai di Lingkungan Provinsi Kepulauan Riau.

Senam Pagi merupakan kegiatan rutin dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau setiap Kamis pagi dilapangan Kantor Gubernur.

penjabat gubernur kepri nuryanto saat bermain jet ski beberapa waktu lalu.

penjabat gubernur kepri nuryanto saat bermain jet ski beberapa waktu lalu.

Tampak Nuryanto bersama seluruh pegawai yang mengikuti melakukan gerakan-gerakan senam dengan penuh semangat. Kegiatan ini merupakan senam yang pertama untuk Nuryanto sejak awal menjabat sebagai Pj. Gubernur Kepulauan Riau sejak dilantik 30 Desember 2015.

Senam yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kepri setiap Kamis pagi ini selain untuk menyehatkan badan, juga untuk menumbuhkan semangat gotong royong dan kebersamaan antar pegawai, antar bagian dan antar SKPD.

Pesona wisata bahari yang dimiliki Kepri mesti bisa terjual semaksimal mungkin. Pejabat Gubernur Kepri Nuryanto melihat Kepri banyak memiliki potensi wisata bahri yang bisa dikembangkan.Salah satu potensi yang disukai oleh Nuryanto adalah pesona Jet Ski. Dia kemudian berharap pesona olahraga ini bisa dikembangkan dan terus meningkatkan kunjunggan wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Nuryanto yang menaruh hobi pada olahraga beraliran keras ini mencoba Jet Ski untuk menikmasi wisata bahari di Kepri. Kegiatan ini di lakukan beberapa hari lalu Sebelum dia mendapat amanat menjadi penjabat Gubernur Kepri.

Nuryanto Menggaku paham betul akan Kepri, yang punya berjuta pesona kemolekan alamnya. “Wisata Kepri memang menjadi andalan kepri untuk menarik minat wisatawan yang melancong kesini. Pesona Jet Ski juga harus dijual ke sejumlah wisatawan,” kata Nuryanto minggu (10\1)sore.

Pejabat Gubernur Kepri itu mengatakan, permainan Jet Ski ini bukan sekedar olahraga yang berujung pada rekreasi saja, selain olahraga Golf. Banyak hal yang bisa di proleh dari permainan tersebut. Menurut Nuryanto, dalam olah raga Jet Ski diperlukan keseimbanggan dalam membuat Keputusan yang cepat dan tetap menghasilkan akselarasi yang mantap hal ini bisa berimbang dalam hal pekerjaan.

Dalam setiap bekerja, seseorang perlu konsentrasi penuh terhadap pekerjaannya. Dalam bahasa sekarang fokus dan peduli, tambah Nuryanto. Dengan focus dan peduli pekerjaan yang dihasilkan diyakini akan lebih baik. Jika terkait dengan masyarakat, di harapkan bisa menberi manfaat yang lebih baik terutama dalam meningkatkan kesejateraan.

Menurut Nuryanto keseimbangan dalam hidup mesti di perhatikan oleh manusia baik dam hubungan antarsesama maupun dalam setiap pengembalian kepuasan.

“Ada keseimbangan yang perlu di jaga terhadap pihak yang pro dan kontra pada keputusan. Keputusan yang cepat dan tepat pun sangat diperlukan oleh setiap manusia, baik sebagai pemimpin maupun pegawai biasa,” jelas Nuryanto.

Menaruh perhatian pada olahraga Jet Ski. Nuryanto seakan menunjukan kecintaannya terhadap dunia kemaritiman. Dia bahkan menegaskan bahwa cinta maritime dan cinta Kepri bisa diekpresikan dengan olahraga Jet Ski. Selain menjual potensi wisata kepri dengan berjuta pesonanya, manfat-manfat yang didapat dari olahraga ini pun diyakini akan berpengaruh terhadap kinerja.

“Dalam istilah anak muda kini jagan kurang piknik, juga jagan kurang olahraga,” tegas Pejabat Gubernur Kepri, mengakhiri obrolan.

Jabatan Estafet Singkat Yang Penuh Harapan | Redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya