Jepang dan Korsel Masuk Batas Udara China Tanpa Izin

Share:

SuaraKepri.com – Jepang dan Korea Selatan hari ini mengakui telah melanggar zona pertahanan udara China yang baru dideklarasikan. Mereka melakukan tanpa memberitahukan Negeri Tirai Bambu terlebih dulu.

Stasiun televisi BBC melaporkan, Kamis (28/11), pasukan udara Jepang melakukan latihan rutin di zona laut China timur. “Korea Selatan juga melakukan penerbangan di wilayah kami,” ujar juru bicara pemerintah China dari kementerian pertahanan enggan menyebutkan namanya.

Kedua pesawat disinyalir melintasi pulau-pulau masih dalam sengketa klaim milik Jepang, China, dan Taiwan. Hingga saat ini pulau-pulau itu masih di bawah kuasa Jepang dan Korea Selatan mengklaim wilayah perairan bawah laut mereka.

China mengatakan mendirikan zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) agar setiap pesawat melaporkan rencana penerbangan, berkomunikasi, dan menyebut identitasnya agar bisa menghadapi langkah-langkah darurat defensif bila terjadi hal tidak diinginkan.

Langkah China ini telah dikecam Amerika Serikat dan Jepang. “Kami tidak akan mengubah zona latihan pasukan udara. Kami tidak akan menginformasikan kapan latihan itu terjadi tapi itu hanya kegiatan biasa,: ujar juru bicara pemerintah Jepang Yoshihide Suga.

Sementara Korea Selatan memandang situasi ini sudah sangat sulit dan tidak bisa dicapai kesepakatan.

Jepang dan Korsel Masuk Batas Udara China Tanpa Izin | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose