Kemajuan Informasi Sangat Penting Untuk Perubahan Masyarakat Ereglobalisasi

Share:

NATUNA – Bupati Natuna, Hamid Rizal, dalam hal ini diwakilkan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Natuna, Hardinansyah,SE.M.Si membuka kegiatan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), di Aula Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai, Selasa, (05/12) Pagi.

Dalam sambutannya, Hardinansyah mengatakan kemajuan informasi sangat penting untuk perubahan masyarakat di ereglobalisasi sekarang ini.

“Kita berharap dengan adanya KIM bisa memberikan informasi yang lebih cepat, efektif, dan efisien serta dapat membantu meluruskan informasi yang bersifat hoax (bohong, fitnah) yang selama ini banyak berkembang ditengah-tengah masyarakat,”kata Hardinansyah.

Kadis Kominfo Natuna, Raja Darmika menjelaskan arti Kelompok Masyarakat yang diberi nama Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), merupakan suatu lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, untuk masyarakart yang secara khusus berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

“KIM merupakan salah satu mitra dari Diskominfo dalam menyebarluaskan informasi publik sebagai media atau sarana efektif penyampai informasi atau kebijakan pemerintah ke masyarakat luas. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat ikut serta secara aktif menyebarluaskan kebijakan Pemerintah di daerah masing-masing,”kata Raja.

Masih kata Raja, Upaya pemberdayaan KIM antara lain, dilakukan dengan mendorong kelompok-kelompok masyarakat untuk mendayagunakan informasi agar memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat. Dalam konsep ini, bagaimana pemberdayaan terjadi melalui proses peningkatan kesadaran akan pentingnya informasi, peningkatan akses dan pendayagunaan informasi tersebut melalui kelompok.

Terwujudnya KIM yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat, dijelaskan Raja, melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarakat informasi yang sejahtera sesuai dengan visi KIM.

“Untuk mewujudkan Visi tersebut, KIM mendorong tumbuh dan berkembangnya KIM secara mandiri sebagai wahana informasi dalam masyarakat, meningkatkan peranan KIM dalam memperlancar arus informasi antar Pemerintah dengan masyarakat dan antar golongan masyarakat, meningkatkan kemampuan anggota KIM dalam masyarakat dalam mengakses dan mengelola informasi dalam rangka meningkatkan literasi informasi dan mengatasi kesenjangan informasi, mengembangkan aktifitas KIM dalam mendayagunaan informasi guna meningkatkan nilai tambah masyarakat, serta meningkatkan aktifitas KIM dalam menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat,”jelasnya.

Adapun fungsi KIM, antara lain sebagai wahana informasi, sebagai mitra dialog dengan Pemerintah Provinsi maupun Kota dalam merumuskan kebijakan public, sebagai peningkatan literasi masyarakat di bidang informasi dan media massa serta teknologi informasi dan komunikasi di kalangan anggota KIM dan masyarakat, dan sebagailembaga yang memiliki nilai ekonomi.

Sementara itu, Kabid Pengelola Informasi Komunikasi Publik, Wan Suhardi, yang bertindak sebagai Ketua Panitia Pelaksana kegiatan, dalam laporannya mengatakan, bahwa KIM yang sudah terbentuk di Kabupaten Natuna ada 9 kelompok yang tersebar dibeberapa Kecamatan se-Kabupaten Natuna, namun karena keterbatasan anggaran hanya 4 (Empat) kelompok KIM yang ada di Kecamatan terdekat, di Ibukota Kabupaten ini saja yang diundang.

“Adapun ke 4 kelompok KIM tersebut yaitu, KIM Sahabat Senoa dari Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, KIM Ceruk dari Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut, KIM Pasir Maros dari Sedanau, Kecamatan Bunguran Barat, dan KIM Klarik dari Kecamatan Bunguran Utara”, jelasnya.

Wan Suhardi, menjelaskan tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah terbentuknya pemahaman yang sama terhadap pentingnya membangun akses informasi public melalui organisasi KIM, memberikan pemahaman dan wawasan kecerdasan intelektual dalam penyerapan informasi publik di masyarakat, dan menggalang keterbukaan informasi publik dalam satu pintu keseragaman sumber daya konten informasi publik.

“Adapun maksud dan tujuan pembinaan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kelompok dalam berkomunikasi dan menyebarluaskan informasi dengan benar, efektif dan efisien,” ungkasnya.

Kegiatan ini, kata Wan Suhardi, diselenggarakan selama 1 hari, yaitu tanggal 05 Desember 2017 dari pagi hingga selesai dengan menggunakan anggaran dari APBD Tahun 2017.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Kadisparbud) Natuna, H.Erson Gempa Apriandi, S.Sos, Dirut RSUD Natuna dr. Faisal, M.Kes, Kasi Program Subdit Kemitraan Lembaga Komunikasi Sosial, Sarjono, S.Sn (Narasumber), Direktorat Kemitraan Komunikasi, Wiaji Cahyaningrum (Narasumber) dan para peserta.

Penulis : Imam Agus

Kemajuan Informasi Sangat Penting Untuk Perubahan Masyarakat Ereglobalisasi | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya