Kemenkominfo Fasilitasi Bimtek dan Sertifikasi SKKNI

Share:

NATUNABaca » Tiga Pulau Natuna Akhirnya Terang Benderang. – Dalam mendukung pembangunan daerah Kabupaten NatunaBaca » Masyarakat Natuna Lebih Setia Kepada Indonesia., Kementerian KomunikasiBaca » Komunikasi Informasi di Natuna Lebih Diperkuat Lagi. dan Informatika (Kemenkominfo) RI, melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Medan, menggelar kegiatan Fasilitasi Bimtek dan Sertifikasi Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Technologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Kegiatan ini pertama kali dilaksanakan di Natuna dalam rangka pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang TIK dan mengimplementasikan Permenkominfo No. 24 tahun 2015 tentang pemberlakuan SKKNI sebagai Amanat UU No. 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan, serta mengantisipasi pasar Masyarakat EkonomiBaca » Kecamatan Serasan Apresiasi Rapat Penentuan Sentra Usaha Ekonomi Masyarakat. Asean (MEA),” kata Kepala BBPPKI Medan, Irbar Samekto dalam sambutannya, di Hotel Central, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu (8/11) siang.

Masih kata Irbar, Fasilitasi Bimtek dan Sertifikasi SKKNI angkatan kerja muda tersebut merupakan salah satu upaya Kemenkominfo, dalam mengimplementasikan program Indonesia Kerja, yang termuat dalam Nawacita Presiden RI.

“Technologi diberbagai bidang, terutama TIK terus berevolusi dan menuntut pada perubahan peradaban dunia menuju awal revolusi industri keempat (globalisasi digital, red),” ucapnya.

“Kita harus bisa menyadari pesatnya perkembangan technologi, yang menuntut kita semua harus mampu mempersiapkan tenaga kerja yang siap pakai, dan kedepan setiap angkatan kerja harus dibarengi dengan kemampuan penguasaan technologi,” ungkas Irbar.

Bupati Natuna, diwakili Asisten II Hardinansyah memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara kegiatan Bimtek dan Sertifikasi Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Technologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tersebut.

“Kegiatan ini sangat besar manfaatnya dalam mendukung perkembangan kemajuan daerah Kabupaten Natuna. Dan bagi para peserta yang mengikuti kegiatan ini harus sungguh – sungguh, karena kelak kalian harus mampu memberikan kontribusi yang sangat besar kepada Pemdakab Natuna, terutama dibidang TIK,”kata Assiten II Hardinansyah, seraya membuka kegiatan tersebut.

“Saya berharap kalian semua bisa lulus 100%, karena kedepan Natuna akan terus mengalami kemajuan. Jangan sampai kita hanya jadi penonton dinegeri sendiri. Jadikanlah peluang ini sebagai khazanah diri dalam menyongsong Natuna kedepan,” pesan Hardinansyah.

Sementara, Kadiskominfo Natuna Raja Darmika, mengatakan anggaran yang digunakan dalam kegiatan ini murni dari BBPPKI Medan. Pihaknya hanya menfasilitasi tempat dan mengundang peserta, dari seluruh Kecamatan yang ada di Natuna.

“Kita hanya ikut partisipasi saja, ini kegiatan BBPPKI Medan. Tempat uji kompetensi TIK akan dilaksanakan di SMAN 1 Bunguran Timur. Kita hanya menfasilitasi tempat dan mengundang para peserta dari seluruh Kecamatan yang ada di Natuna, melalui surat dan media sosial,” ujar Raja Darmika.

“Kegiatan ini diikuti 22 peserta yang baru lulus dari pendidikanBaca » SD Negeri 012 Ranai Akhirnya Diresmikan Bupati Natuna. SMK sampai Sarjana khususnya bagi peserta yang telah menguasai Jaringan Komputer, Programmer, Multimedia, Operator, Desain Grafis dan Technical Computer Support. Dan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 08-10 November,”tutup Raja.

Penulis : Imam Agus

Kemenkominfo Fasilitasi Bimtek dan Sertifikasi SKKNI | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose