KPU Segera Umumkan DPS Secara Online

Share:
Anggota KPU Fery Kurnia Rizkiyansyah

Anggota KPU Fery Kurnia Rizkiyansyah (Foto: Google)

JAKARTA, SuaraKepri.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk penyelenggaraan Pemilu 2014 secara online agar lebih berkualitas.

Dengan dipublikasikan DPS secara online maka masyarakat bisa mengkroscek daftar pemilih di website yang disediakan KPU.

KPU berharap masyarakat bersedia membuka link website terkait DPS sebagai rujukan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu Legislatif 2014.

“Tolong dibaca dan dibuka sebentar saja linknya untuk tahu apakah kita sudah terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu 9 April 2014,” kata Anggota KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Jakarta  di kantor KPU, Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Dia melanjutkan, KPU meminta kepada masyarakat untuk melakukan pencocokan data daftar pemilih. Selanjutnya, hasil masukan dan perbaikan dari masyarakat akan dijadikan modal berharga untuk proses verifikasi data sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Kalau belum terdaftar segera hubungi RT, RW, PPS setempat ya,” ajaknya.

Untuk diketahui, imbuan KPU untuk memantau DPS yang telah diumumkan secara online juga sudah tersebar dibeberapa media komunikasi seperti broadcast Blackberry Massanger dan media komunikasi lainnya yang dimiliki masyarakat.

Untuk mendapatkan kejelasan informasi terkait DPS yang sudah diumumkan KPU media internet, masyarakat dapat mengakses situs resmi KPU di https://data.kpu.go.id/dps.php.

Ketua KPU Husni Kamil Manik menambahkan, KPU saat ini terus melakukan perbaikan data DPS dengan meminta masukan dari masyarakat.   Proses perbaikan data, saat ini sedang tahap pematangan.

Jumlah perbaikan data DPS sebagai acuan DPT yang masuk terus dihitung dan diverifikasi sebelum diumumkan pada 24 Juli mendatang.

“Sampai tanggal 24 nanti, dapat pengumuman. Nanti pematangan, pengumuman itu sampai DPT (Daftar Pemilh Tetap) ditentukan,” kata Husni.

Selanjutnya, kata Husni, KPU akan mengedepankan kepercayaan kepada petugas di lapangan, seperti Panitia Daftar Pemilih (Pantarlih) untuk meningkatkan jumlah pemilih dalam Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4).

“Nanti KPU harus percaya data Pantarlih dan DP4 itu kemudian dikonfirmasi, dan yang baru akan terdata,” ujarnya.

Lebih lanjut Husni mengatakan, selain itu, KPU memastikan akan terjadi penambahan jumlah data pemilih dari daerah yang belum mengirim dan menyempurnakan DPS.

“Nanti akan ada penambahan pemilih di daerah tertentu (belum mengirim),” tambahnya.

KPU Segera Umumkan DPS Secara Online | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya