Leanding Station PT. Sacopa Akhirnya Dibongkar

Share:

Natuna – Sekretaris Daerah mendampingi Tim Terpadu Mabes TNI ke Penarik, Desa Cemaga Kecamatan Bunguran Selatan, Selasa (30/05) pagi dalam rangka pembongkaran Leanding Station milik PT. Sacofa, perusahaan telekomunikasi berbasis fiber optik milik negeri jiran (Malaysia) yang menghubungkan Malaysia Barat (Mersing) ke Malaysia Timur (Kuching).

Menurut Sekda Natuna, Wan Siswandi,S.Sos.M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada prinsipnya Pemerintah Daerah akan selalu mendukung berbagai kebijakan Pemerintah Pusat.

“Terlebih lagi eksekusi pembongkaran ini telah melalui pertimbangan strategis bagi pengamanan negara serta menjaga kewibawaan NKRI,” kata Siswandi.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Terpadu Mabes TNI, Laksamana TNI Semi Jony menerangkan bahwa keberadaan Leanding Station Sarawak Gateway (LSSG) yang kini berubah nama menjadi PT. Sacofa merupakan perusahaan telekomunikasi milik negara jiran. Leanding ini telah pun beroperasi semenjak tahun 2002, dinilai telah melanggar dua regulasi yang ada.

“Pelanggaran UU Nomor 1 Tahun 1983 tentang Pengesahan Perjanjian Pemerintah Republik Indonesia dengan Pemerintahan Kerajaan Malaysia, tentang Rezim Hukum Negara Nusantara dan Hak-hak Malaysia di laut Teritorial Nusantara serta Ruang Udara diatas laut perairan Indonesia, serta Unclose 1982 yang dirativikasi UU RI Nomor 17 tahun 1995 tentang Pengesahan Unclose 1982,” ujarnya.

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa proses pembongkaran fasilitas ini telah pun melalui pembahasan mendalam dimana Menkopolhukam mengadakan rapat koordinasi dengan beberapa lembaga terkait, yang disebabkan oleh pengabaian Keputusan Pencabutan Izin Operasi dan Pembongkaran Leanding Station oleh Dirjen Perhubungan Laut RI yang dinilai sebagai bentuk merendahkan martabat dan harga diri NKRI.

“Terlebih lagi menurutnya keberadaan fasilitas tersebut tidak pula memberikan manfaat dan keuntungan apa-apa baik bagi negara maupun masyarakat sekitar, bahkan menimbulkan kekhawatiran dari aspek pertahanan negara,” tegasnya.

Leanding Station PT. Sacopa Akhirnya Dibongkar | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya