LKSN OSN Pendidikan Khusus Sebagai Jembatan Menuju Jenjang Prestasi

Share:

Tanjungpinang – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, melaksanakan lomba keterampilan siswa nasional (LKSN) dan olimpiade sains nasional (OSN) pendidikan khusus se- Provinsi Kepri tahun 2017 di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang, Rabu (26/4).

Ketua pelaksana M Dali mengatakan, latar belakang pelaksanaan LKSN dan OSN se Kepri tahun 2017 diikuti mulai SDIB, SMPIB dan SMAIB, yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di sekolah berkebutuhan khusus, dengan tema “Jadilah Insan Kreatif dan Mandiri.”

“Kegiatan lomba diatur secara berjenjang, hal ini dimaksud untuk mengali potensi peserta didik di bidang Akademik maupun di bidang non akademik,” kata Dali.

Lanjut dikatakanya kegiatan ini juga sebagai motivasi untuk seluruh siswa berkebutuhan khusus untuk dapat mengaktulisasikan minat dan bakat para siswa.

“Dengan tujuan sebagai jembatan menuju jenjang prestasi untuk para anak didik kita yang memiliki berkebutuhan khusus,” ucap Dali.

Selain itu tujuan lainya untuk mengali dan memberikan dorongan kepada peserta didik untuk dapat mengembangkan keterampilan dan juga meningkatkan bakat serta minat siswa-siswi dalam bidang sains.

Kemudian menumbuhkembagkan semangat mandiri dalam berkarya dan berprestasi dan mengembangkan jiwa sportivitas dan percaya diri dan juga rasa tanggungjawab. Kemudian untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan sebagai modal dalam mewujudkan pendidikan karakter bangsa.

Pelaksanaan kegiatan LKSN dan OSN se Provinsi Kepri 2017 dilaksanakan di Tanjungpinang selama 3 hari mulai tanggal 26 sampai 28 April 2017.

Perserta LKSN dan OSN siswa berkebutuhan khusus se Kepri, diikuti 4 Kabupaten Kota. Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Tanjung Balai Karimun.

Adapun jumlah peserta lomba OSN pendidikan khusus diikuti sebanyak 38 orang 38 pendamping dari 11 sekolah se Provinsi Kepri, yang meliputi 3 lomba yaitu bidang Matematika SDIB 11 orang, bidang Ilmu Pengetahuan Alam SMPIB 11 orang dan Bidang Matematika dan T.I.K SMAIB 16 orang.

Sedangkan untuk lomba LKSN diikuti 99 orang dengan 55 orang gurupendamping dan 9 lomba. 9 lomba tersebut yaitu lomba membatik, kriya kayu, tata boga, kecantikan, merangkai bunga, menjahit, informasi tekhnologi, hantaran dan lomba membuat kreasi barang bekas.

Kegiatan LKSN OSN Pendidikan khusus se Kepri 2017, dibuka Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Kepri Drs. Raja Ariza MM.

Dalam sambutan Raja Ariza mengatakan anak-anak yang berada di Provinsi Kepri merupakan anak-anak pintar.

“Karena kalau kita lihat dan dihubungkan dengan LkSN dan OSN banyak anak anak yang menghasilkan kreativitas, contohnya Kevin anak berkebutuhan khusus mendapat juara satu tingkat nasional di Pekanbaru dalam bidang membaca puisi, dan nama Kepri sangat disegani oleh Provinsi lain,” kata Raja Ariza.

Dengan harapan kata Raja Ariza, adanya LKSN dan OSN Pendidikan khusus, salah satunya bisa untuk mencapai visi dan misi Provinsi Kepri.

“Terus berkreativitas dan berinovasi dan saya berharap tahun depan bisa di tingkatkan lagi. Namun yang terpenting, bisa terus memperhatikan dan melakukan pembinaan terhadap para LKSN dan OSN. Semoga adik- adik semuanya, bisa mencapai prestasi ke tingkat nasional,” ucap Ariza dihadapan semua siswa anak berkebutihan khusus.

LKSN OSN Pendidikan Khusus Sebagai Jembatan Menuju Jenjang Prestasi | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya