Memburu Koruptor Lewat Istri Simpanan

Share:
Ji Yingnan | bbc.oc.uk

Ji Yingnan | bbc.oc.uk

Beijing, SuaraKepri.com – Rakyat China punya banyak akal untuk memberantas korupsiBaca » Proyek Tanggul Urung Rugikan Negara Rp 5,4 Miliar.. Satu di antaranya dilakukan Ji Yingnan, pacar gelap seorang pejabat tinggi. Merasa dikhianati dan pengaduannya ke pemerintah tak digubris, perempuan muda ini memasang fotonya bersama Fan Yeu, Deputi Badan Arsip Nasional, di media blog.

Kontan dalam beberapa hari blog itu diklik ratusan juta pengunjung yang kaget membaca cara pejabat itu menghamburkan duit negara. Setiap hari, kata Yingnan dalam blognya, ia diberi uang saku seribu dolar. “Belum termasuk uang jalan-jalan, perhiasan berlian dan mutiara, serta dibelikan mobil dan apartemen mewah,” tulis Yingnan. “Ia janji menikahi saya, tapi kini malah punya pacar baru,” sambungnya, seperti dikutip dari BBC.

Setelah beberapa lama, barulah Pemerintahan Beijing tergopoh-gopoh. Kantor berita resmi Xinhua menuliskan, Fan Yeu telah diberhentikan Juni lalu dan kini tengah diperiksa.

Jalur internet semakin ampuh menghajar koruptorBaca » Ini Daftar Politikus Terjerat Kasus Korupsi. di Cina. Hal yang sama juga pernah dilakukan Zhui Ruifeng yang berhasil mengungkap skandal korupsi Lei Zhengfu lewat blog anti-korupsinya. Bahkan, seorang pejabat kantor energi Cina, Liu Tienan dipecat setelah istri simpanannya mengungkapkan ia membantu Liu memanipulasi dana $ 200 juta di bank.

“Sulit melacak pejabat mana yang korup. Tapi kini, istri simpanan bisa jadi senjata,” tutur Zhui Reuifeng dalam blog anti-korupnya. Ia tak lupa menjelaskan menyimpan istri gelap karena kultur ‘Emperor Complex’. Laporan pemerintah Cina 2007 mengungkapkan 90% pejabat China jatuh karirnya lantaran istri simpanan. Mantan menteri perhubungan Liu Zhijun yang divonis penjara belasan tahun lantaran korupsi tahun silam, masih menyimpan 18 istri gelap.

Memburu Koruptor Lewat Istri Simpanan | Redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose