Mendagri Intruksi Kepala Daerah Tertibkan Alat Peraga Kampanye

Share:

JAKARTA, SuaraKepri.com – Masih banyaknya atribut kampanyeBaca » Panwaslu Masih Menemukan Pelanggaran Kampanye Melibatkan Anak Dibawah Umur. di daerah-daerah, membuat Menteri Dalam Negeri (MendagriBaca » Kepala Daerah Tak Bisa Sembarangan ke Luar Negeri.) Gamawan Fauzi membuat surat edaran. Hal ini merupakan respon Mendagri adanya keluhan Badan Pengawas PemiluBaca » Caleg Muda Siap Hadapi Politisi Senior. (BawasluBaca » Komisioner Bawaslu Kepri Pamit Diakhir Periode.) terkait banyaknya atribut kampanye yang bertebaran di daerah-daerah yang tak mengindahkan aturan.

Surat edaran yang dibuat Mendagri akan segera dikirim kepada masing-masing daerah guna penertiban alat peraga kampanye yang menyalahi aturan.

“Tidak mungkin para kepala daerah merasa tidak terganggu dengan alat peraga yang masih terpasang dan berantakan. Surat edaran sudah saya buat dan akan diedarkan,” ujar Gamawan di kantornya seperti dilansir JPNN, Kamis (9/1) petang.

Dengan adanya surat edaran yang dikeluarkan karena maraknya alat peraga yang bertebaran di tempat-tempat umum sudah mengganggu kenyamanan masyarakat agar segera ditertibkan.

Gamawan mengaku secara undang-undang pelaksanaan pemilu bukan menjadi kewenangan Kemendagri. Tetapi peran pemerintah daerah tetap diperlukan dalam rangka membantu Komisi Pemilihan Umum (KPUBaca » KPU Anambas Sediakan Media Center bagi Wartawan.) menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Dengan akan dilaksanakan rapat koordinasi KPU dengan sejumlah kementerian/lembaga, di Jakarta, Kamis (9/1), Ketua Bawaslu, Muhammad mengeluhkan tidak kooperatifnya sejumlah pemda dalam upaya menertibkan atribut kampanye yang banyak bertebaran di daerah-daerah.

Pemda sendiri, lanjut Gamawan justru melemparkan persoalan itu ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di daerah.

“Pemda itu harus kooperatif. Bahkan jangan melemparkan persoalan ke Panwaslu di daerah, dengan dalih Pemda tidak punya anggaran,” katanya.

Mendagri Intruksi Kepala Daerah Tertibkan Alat Peraga Kampanye | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose