Menemukan Uang Setengah Miliar Rupiah, Relawan Penjaga Toko Lapor Polisi

Share:
 Ilustrasi. Pecahan 100 dollar Australia. | Istimewa


Ilustrasi. Pecahan 100 dollar Australia. | Istimewa

BRISBANE, SuaraKepri.com – Seorang relawan penjaga toko mengembalikan uang senilai tak kurang dari setengah miliar rupiah, yang ditemukan di dalam tas bekas dagangannya. Dia melapor ke polisiBaca » Bergaya Pakai Seragam dan Motor Provos, Polisi Gadungan Diciduk., sampai pemilik sah uang tersebut pun bisa ditemukan.

Dikutip dari Sydney Morning Herald, Jumat (19/7/2013), seorang pembeli mendatangi sebuah toko barang bekas dan memilih sebuah ransel. Ketika relawan penjaga toko membuka semua risluiting ransel di depan kasir toko, uang sejumlah 50 ribu dollar Australia dalam pecahan 100 dollar berjatuhan ke lantai.

Penyelidikan untuk menemukan siapa pemilik uang itu, butuh waktu sekitar tiga bulan. Sersan Dan McNamara, polisi dengan pengalaman 27 tahun, mengatakan belum pernah sekali pun menemukan kasus serupa selama bertugas di Sunshine Coast, sebuah daerah wisataBaca » Lahan Akan Dibangun Avara Resort Diklaim Milik Haji Dahnoer Yoesuf. sekitar 100 kilometer di utara Brisbane.

McNamara pun menyimpulkan uang tersebut telah jatuh ke tangan penjaga toko paling jujur di Australia. Dalam kasus ini, satu-satunya bukti kepemilikan yang menjadi modal pelacakan untuk mendapatkan pemilik sah uang tersebut, hanya secabik kertas bertulisan tangan di ransel itu.

Kabar penemuan uang di toko barang bekas milik Palang Merah di Kawasan Pomona itu menyebar cepat. Orang yang mengaku-aku sebagai pemilik pun berdatangan ke kantor polisi. “Sekitar enam orang datang. Tapi mereka salah menyebut pecahan uang yang ditemukan,” ujar McNamara. Keterangan yang meragukan memberi keyakinan pada polisi bahwa keenam orang itu bukan si pemilik uang.

Akhirnya polisi menelusuri jalur pasokan barang bekas ke toko. Belakangan seorang berusia lanjut teridentifikasi sebagai pemilik uang tersebut. Penelitian forensik pun memastikan tulisan tangan orang itu tepat sama dengan tulisan tangan di secabik kertas yang ditemukan dari dalam ransel. Setengah miliar rupiah tersebut sudah kembali ke pemiliknya.

Menemukan Uang Setengah Miliar Rupiah, Relawan Penjaga Toko Lapor Polisi | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose