Menteri KP, Susi Kembali Pimpin Tenggelam 33 Kapal Asing

0
107

NATUNA – Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti di dampingi Wakasal Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman dan Pangarmabar Laksda TNI Aan Kurnia S.Sos, memimpin secara langsung kegiatan penengelaman kapal Illegal Fishing dilaut Natuna pada Minggu (29/10/2017).

Komandan Lanal Ranai, Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto, SE,M.Sc, mengatakan kepada wartawan di Natuna, ada 33 Kapal Ikan Asing (KIA) yang akan ditengelamkan.

“Penengelaman 33 KIA langsung di Menteri KP,” kata Danlanal Ranai, Sabtu (28/10).

Dijelaskan, penengelaman 33 KIA tersebut menggunakan metode pembocoran pada Lambung Kapal agar tidak merusak ekositem pada laut.

“Penengelaman KIA tidak dilakukan seperti tahun sebelumnya dengan cara peladakan. Tapi kita akan menggunakan metode pembocoran pada lambung kapal agar tidak menganggu dan merusak ekosistem di laut, khususnya dilaut Natuna,” jelas Danlanal.

“Untuk lokasi Penengalaman sekitar 5 Mil dari Sabang Mawang dan masih berada di lokasi yang sama tempat peledakan kapal terdahulunya dan akan di pastikan semua tenggelam untuk barang Bukti KIA,”p aparnya.

Masih kata Tony, KIA yang ditenggelamkan sudah melewati prosedur hukum di kejaksaan. Begitu juga dengan ABK dan kapten kapal.

Dari 33 KIA tersebut, 10 KIA akan diledakan pada hari Minggu (besok, red), dan 23 KIA lagi akan dilaksanakan secara bertahap sampai dengan tanggal 3 November 2017 mendatang.

“Kita pastikan bagian kapal yang ditenggelamkan tidak akan hanyut kemana-mana karena berpotensi membahayakan alur pelayaran,”ungkapnya.

Lokasi titik penenggelaman 5 Mil dari Selatan Pos AL Desa Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga.

Penulis : Imam Agus

[sk]

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan tinggalkan komentar anda!
Please enter your name here