Natuna Akan Memiliki 12 Tower Dari BP3TI

Share:

NATUNA – Tahun 2017, Natuna mendapatkan 7 titik tower dan tahun 2018, mendapatkan 5 titik tower dari 19 yang diusulkan untuk program Kewajiban Pelayanan Universal (KPU) / Universal Service Obligation (USO).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Natuna, Raja Darmika, mengatakan ke-19 titik yang sebelumnya diajukan oleh Pemkab Natuna sudah disurvei oleh pihak Balai Penyelenggaraan dan Pengelolaan Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementerian Kominfo. Tapi, setelah rapat review perencanaan dilakukan, hasilnya hanya 12 tower saja yang nantinya akan dibangun, namun secara bertahap.

“Diusulkan 19 lokasi, lalu dilakukan survey oleh pihak BP3TI, ada 12 lokasi Blankspot yg memenuhi, namun secara bertahap dibangun tahun 2017 dibangun 7 lokasi dan 2018 dibangun 5 lokasi, sesuai kemampuan anggaran” kata Raja saat dihubungi melalui via telpon, Kamis (30/11).

Adapun tahun 2017 dengan 7 lokasi tersebut adalah : Desa Tanjung Pala (Kecamatan Pulau Laut), Desa Tanjung Setelung (Kecamatan Serasan), Desa Sabang Mawang (Kecamatan Pulau Tiga), Desa Tanjung Batang / Teluk Melam (Kecamatan Pulau Tiga), Desa Serantas (Kecamatan Pulau Tiga), Desa Selading (Kecamatan Pulau Tiga Barat) dan Desa Air Kumpai (Kecamatan Suak Midai).

Sedangkan tahun 2018, adalah: 1. Pulau Sekatung, Desa Tanjung Pala Kecamatan Pulau Laut. 2. Selemut, Desa Cemaga Selatan Kecamatan Bunguran Selatan. 3. Teluk Depeh, Desa Cemaga Selatan Kecamatan Bunguran Selatan. 4. Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bunguran Barat. dan 5. Desa Air Ringau Kecamatan Serasan Timur.

“Dan pada tahun 2017 kita juga mengusulkan revitalisasi BTS USO Telinfo Tuntas di 14 lokasi yang telah dibangun tahun 2013, karna saat saat sekarang dalam kondisi rusak,”jelasnya.

Dijelaskan Raja, Program BTS KPU/USO merupakan program pembangunan jaringan seluler di daerah yg tidak ada sinyal (blankspot). Program ini yang dijalankan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) dengan tujuan mengatasi kesenjangan teknologi informasi, mendukung kegiatan perekonomian, memantapkan pertahanan dan keamanan, serta mencerdaskan bangsa melalui teknologi informasi dan komunikasi.

“Program ini berangkat dari inisiatif pemerintah Indonesia agar seluruh desa/pelosok di berbagai daerah memiliki jaringan telekomunikasi dan tidak terisolir lagi,” tutup Raja.

Penulis : Imam Agus

Natuna Akan Memiliki 12 Tower Dari BP3TI | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya