Nelson Mandela Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun

Share:

Mantan pemimpin Afrika Selatan, Nelson Mandela, telah meninggal dunia. Kabar duka ini diumumkan langsung oleh PresidenBaca » FPI Hina Presiden, Polri Bentuk Tim Khusus. Afrika Selatan Jacob Zuma. Ia meninggal di usia 95 tahun pada hari Kamis malam 5 Desember 2013 karena penyakit infeksi paru-paru yang di deritanya 3 bulan belakangan.

Presiden Amerika Barack Obama di Gedung Putih mengatakan dunia telah “kehilangan salah seorang tokoh yang paling berpengaruh, berani dan mulia.”

“Negara kita kehilangan putra terbaiknya,” ujar Jacob Zuma saat menyampaikan pengumuman kematian Mandela seperti dilansir CNN.

Mandela, pemimpin anti-apartheid yang pernah menghabiskan 27 tahun waktunya dalam penjara karena menentang aturan warna kulit putih dan diskriminasi terhadap kulit hitam. Setelah pembebasannya, dia muncul sebagai simbol perdamaian dan rekonsiliasi yang dikagumi.

Mandela juga pernah memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1993 dan terpilih sebagai presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan tahun 1994 sebelum mengundurkan diri setelah lima tahun menjabat.

“Apa yang membuat Mandela hebat adalah apa yang membuatnya menjadi manusia. Kita melihat dalam dirinya, apa yang kita cari dalam diri kita sendiri,” lanjut Zuma.

Mantan Presiden yang memimpin Afsel periode 1994-1999 ini akan dimakamkan dengan prosesi kenegaraan. Bendera setengah tiang akan berkibar pada pemakamnnya Jumat waktu setempat.

Nelson Mandela Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose