Nyeri Miss V Saat Bercinta, Normalkah?

Share:

Ilustrasi masalah seks. | Shutterstock/Warren Goldswain

Ilustrasi masalah seks. | Shutterstock/Warren Goldswain

BANYAK wanita ternyata menderita dyspareunia, atau rasa nyeri pada miss V ketika bercinta. Namun sebagian besar dari mereka tidak sadar bahwa kondisi tersebut punya nama dan bahkan bisa disembuhkan.

“Wanita kerap mengira itu salah mereka. Padahal ada cara untuk mengurangi rasa sakitnya,” papar Dr Lynne T Schuster dari Mayo Clinic.

Dyspareunia – yang muncul sebelum, selama atau sesudah bercinta – bisa disebabkan oleh banyak hal, baik fisik maupun psikologis. Setidaknya 40 persen wanita di seluruh dunia akan merasakannya sekali seumur hidup.

Sebagaimana dilansir dari CBS News, vulvodynia biasanya sering menjadi penyebab dyspareunia. Hal ini bisa terjadi karena ada kontraksi di sekitar otot Miss V.

Meskipun demikian, infeksi jamur atau penyakit radang panggul juga bisa membuat Miss V terasa sakit ketika bercinta. Selain itu, wanita yang baru saja melahirkan dan menopause juga termasuk orang-orang yang mudah mengalami dyspareunia.

Sayangnya, banyak wanita malu jika harus berkonsultasi dan mengatakan masalah seksual, terutama rasa sakit selama bercinta, pada pasangan atau ahlinya.

“Wanita tidak perlu malu, kondisi ini bisa dialami siapapun dan itu normal. Namun penanganan secara tepat tetap perlu dilakukan. Jadi mereka tetap harus berkonsultasi,” saran Dr Schuster.

Nyeri Miss V Saat Bercinta, Normalkah? | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya