Pantai Tanjung Kotor Dan Kumuh, Pengunjung Mengeluh

0
140

NATUNA – Sejumlah wisatawan mengeluhkan kondisi objek wisata Pantai Tanjung di Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, yang terkesan kotor dan dipenuhi berbagai jenis sampah.

“Banyak sekali sampahnya. Sayang sekali, pantai yang indah ini menjadi kotor dan jorok,” kata Rafa, seorang wisatawan lokal asal Kabupaten Natuna saat berjalan menyusuri Pantai Tanjung, Minggu (5/11).

Menurut pria paruh baya yang mengaku rutin ke Pantai Tanjung untuk berwisata ini, sampah yang masuk ke laut disebabkan perilaku buruk masyarakat yang terbiasa membuang sampah ke sungai atau disekitar pantai.

Oleh karena itu, perilaku buruk masyarakat itu yang harus diminimalisasi terlebih dahulu.

“Sampah-sampah ini berasal dari sungai. Hujan selama beberapa hari terakhir menyebabkan banjir di sungai dan membawa aneka sampah ini ke laut melalui muara sungai yang ada disekitar Pantai Tanjung,” jelasnya.

Keterangan serupa disampaikan wisatawan lokal asal kota Ranai ini, Caca dan Dika yang mengatakan, kotoran sampah selalu muncul setiap kali turun hujan deras di daratan dan menyebabkan air sungai meluap.

“Mungkin karena hujan selama beberapa hari terakhir menyebabkan banjir di sungai dan membawa aneka sampah ini ke laut melalui muara sungai,” ujar sepasang sejoli saat menikmati hembusan angin di tepi pantai.

Pantauan Suarakepri.com, sampah yang berserakan ini tidak hanya berserakan di sepanjang garis pantai akibat terhempas ombak ke daratan.

Aneka sampah plastik, botol minuman hingga sampah organik juga terlihat hingga tengah pantai.

Wisatawan lokal berharap agar pemerintah daerah melalui dinas terkait lebih jeli untuk memperhatikan kebersihan objek wisata yang ada Kabupaten Natuna, karena kamajuan pariwisata sangat berpengaruh pada kebersihan.

Serta peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk menjaga kebersihan.

Pemerintah harus membuat peraturan agar tidak membuang sampah disekitar sungai, yang berakibat vatal pada kebersihan lingkungan lingkungan dan kesehatan. (Imam)

[sk]

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan tinggalkan komentar anda!
Please enter your name here