Panwaslu Himbau Masyarakat Jadi Sejuta Relawan

Share:
Baharuddin Rahman, anggota Panwaslu Tanjungpinang.

Baharuddin Rahman, anggota Panwaslu Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG, SuaraKepri.com –  Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kota Tanjungpinang membentuk gerakan sejuta relawan. Gerakan ini bertujuan utk merekrut relawan dari semua lapisan masyarakat yang netral tidak terlibat dipartai politik. Sebelumnya gerakan ini digalakan oleh Bawaslu pusat, agar Pemilu tahun 2014 ini dapat berjalan jujur, adil dan masyarakat terlibat pesta demokrasi ini.

Ketua Panwaslu Tanjungpinang, Muslim SH melalui komisionernya bidang divisi hukum, Baharuddin Rahman, SE, MM mengatakan kepada SuaraKepri.com pada hari Rabu (5/2), nahwa tujuan dari gerakan ini adalah untuk mengefektifkan peran masyarakat ikut aktif mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilu 2014.

“Peran masyarakat sangat penting dalam ikut serta mengawasi pemilu, sehingga segala bentuk pelanggaran pemilu yang terjadi dapat diketahui dan  diantisipasi dengan cepat,” ujarnya

Lanjut Baharuddin bahwa relawan pengawas nantinya dapat melaporkan ke pengawas pemilu apabila menemukan dugaan pelanggaran yang terjadi atau akan terjadi.

“Syarat menjadi relawan pengawas pemilu adalah usia minimal 17 tahun pada tanggal 9 april 2014 nanti, tidak terlibat di partai politik dan menyatakan kesediaan diri bergabung dalam gerakan sejuta relawan,” jelasnya.

Adapun yang tergolong dalam gerakan sejuta relawan ini yakni masyarakat biasa, baik itu Lembaga Swadaya Masyarakat, Ormas dan OKP bukan sayap partai, hingga Pelajar dan Mahasiswa. (Akok)

Panwaslu Himbau Masyarakat Jadi Sejuta Relawan | Redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya