Para Suami Dianjurkan Ber-KB

Share:

TANJUNGPINANG, SuaraKepri.com – Kaum lelaki masih belum begitu mengenal KB, karena selama ini yang ber-KB adalah istri.

Realisasi akseptor baru bagi program keluarga berencana dengan metode operasi pria (MOP) atau vasektomi di Kota Tanjungpinang akan terus mengejar target 45 orang.

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM) Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani, Senin (11/12), mengakui kaum lelaki masih belum begitu mengenal KB, karena selama ini yang ber-KB adalah istri (perempuan).

“Padahal lelaki pun juga dianjurkan untuk ber-KB dengan mengikuti program metode operasi pria (MOP).

Sebenarnya, bagi kaum lelaki yang mau mengikuti MOP tidak dipungut biaya sama sekali dan bisa dilakukan di beberapa rumah sakit,” ujarnya ketika dijumpai oleh SuaraKepri.com di Lapangan Pamedan.

Pihaknya tidak akan patah arang dan akan terus berupaya mendorong agar kaum pria pun tidak ragu-ragu untuk ber-KB dengan menggandeng sejumlah instansi.

Oleh karena itu, katanya, bagi lelaki yang ingin ber-KB dengan program MOP tersebut bisa langsung mendaftar ke kantor BKBPM atau kelurahan masing-masing yang nantinya akan dirujuk ke RS yang telah menjalin kerja sama dengan BKBPM.

Ia mengakui, setelah melakukan operasi kecil MOP memang ada efek pada awal-awalnya, mungkin sekitar satu sampai dua minggu dan memang harus dilakukan pemeriksaan kembali oleh dokter untuk memastikan sudah tidak ada masalah lagi. Namun, setelah itu sudah normal kembali.

“Banyak kok lelaki yang telah menjalani KB MOP selama bertahun-tahun dan tidak ada keluhan apa-apa. Dalam hubungan suami istriBaca » 3 Perasaan Suami Yang Tak Terungkap. pun tidak ada masalah,” tegasnya.

Ahmad Yani yang mantan Kadis KesehatanBaca » Dilarang Sakit Keras di Kabupaten Anambas. Kota Tanjungpinang menyadari bahwa kebanyakan para Pria melihat KB sesuatu yang menakutan. “Mereka menganggap dengan ber-KB bisa membuat diri mereka menjadi hipoten atau berkurangnya seksualitas mereka. Padahal itu salah,” jelasnya.
Tetapi pihaknya akan terus memberikan pengertian dan sosialisasi kepada masyarakat terutama para suami yang rumah tangganya telah memiliki dua anakBaca » Gadis Belia Kabur, Orangtua Takut Anaknya Dijual Ke Om Senang. atau telah menjadi keluar yang ideal sebagai keluarga berencana.

“Dengan berbagai upaya, kami akan terus menggencarkan kampanye ber-KB termasuk dengan program MOP agar di daerah ini tidak sampai terjadi ledakan angka kelahiran,” tutupnya. (Akok)

Para Suami Dianjurkan Ber-KB | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose