Pemko Batam Gelar Car Free Day

Share:

BATAM, SuaraKepri.com – Pemerintah Kota Batam kembali menggelar car free day, pada hari Minggu (19/1). Kegiatan yang digelar minggu kedua setiap bulan ini bertempat di depan Martabak Har, kawasan Nagoya.

Masyarakat Batam antusias menghadiri lokasi car free day. Kegiatan ini sebagai ajang refreshing ditengah kesibukan dan hiruk pikuk perkotaan. Masyarakat bisa bercengkrama dengan keluarga dan kerabat di tangah lingkungan tanpa asap kendaraan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan, Zulhendri mengatakan car free day salah satu dari 12 aksi internasional untuk mengurangi efek rumah kaca yang bersumber dari kendaraan bermotor. “Sasaran car free day yakni mensosoalisaikan dan mengkampanyekan pengurangan gas buang emisi 26 persen,” katanya.

Menurutnya, kegiatan melestarikan lingkungan pada dasarnya kewajiban semua masyarakat. Tak hanya itu, lingkungan yang bersih merupakan kebutuhan masyarakat. “Pemerintah hanya memancing salah satunya melalui kegiatan ini,” paparnya.

Wali Kota Batam, Ahmad DahlanBaca » Pemko Batam Tidak Terima Pegawai. mengatakan sebetulnya kegiatan car free day sudah dimulai sejak lima tahun lalu oleh bike to work, club sepeda di Batam. “Bike to work, selain menggelar car free day juga mengajak masyarakat untuk menggukan sepeda,” katanya.

Dahlan mengimbau seluruh masyarakat untuk memasyaraktakan bersepeda selain mengurangi emisi gas juga sebagai sarana olah raga. “Sekarang bisa di setting tempatnya tanpa terkendala masalah jalan. Manfaatkan car free day, jadwal yg diberikan dari jam 06.00 sampai jam 10.00 WIB,” imbuhnya.

Dahlan berharap masyarakat memanfaatkan momen car free day ini. Daerah yang biasanya penuh kendaraan, namun saat car free day kosong dan bisa dilakukan berbagai aktivitas masyarakat. “Diharapkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan meningkat,” aku Dahlan. (Humas)

Pemko Batam Gelar Car Free Day | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose