Perkawinan Adat Melayu Mulai Ditonjolkan di Natuna

Share:

NATUNA – Pemerintahan Daerah Kabupaten Natuna, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kebupaten Natuna memberikan sosialisasi tentang tata cara rias pengantin adat melayu, di Rumah Makan Sisi Basisir Kecamatan Bunguran Timur, Senin (6/11).

Dalam sambutannya, Kadis Parbud Natuna, Erson Gempa mengatakan selama ini adat perkawinan yang ada di Natuna kurang menunjukan atau menampilkan adat perkawinan melayu.

“Dari pengamatan dan penilaian kita dilapangan setiap menghadiri perkawinan di Natuna ini, jarang bahkan tidak ada lagi yang menunjukan dan menampilkan adat melayu perkawinan,” kata Erson.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini, dikatakan Erson untuk memberikan pengetahuan kepada Mak Andam tentang tata cara dari berpakaian pengantin, hiasan pelaminan sampai dengan hantaran. Agar adat perkawinan melayu tersebut tidak hilang.

“Kegiatan dilaksanakan untuk menjaga adat perkawinan melayu kita agar tidak hilang. Karena setiap pernikahan anak-anak kita sekarang ini jarang ditemui melayunya. Sehingga menurut kita kegiatan pelatihan mak andam ini sangat diperlukan, agar kedepan setiap pernikahan melayunya bisa di tonjolkan,” jelas Erson.

“Kami ingin mencoba berbagi ilmu pada mak andam kita, sehingga kelak mereka dapat menjaga adat perkawinan melayu kita ini,” lanjutnya.

Kegiatan pelatihan mak andam ini turut di dukung dari Tim Pengerak PKK Kabupaten Natuna.

“Kedepannya, kegiatan akan kita laksanakan pada setiap tahunnya, sekalian untuk memperkenalkan kepada manca negara,” ungkapnya. (Imam)

Perkawinan Adat Melayu Mulai Ditonjolkan di Natuna | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya