Perlukah Mengajak Sikecil Berpuasa?

    0
    535
    Anak berpuasa | Istimewa

    Anak berpuasa | Istimewa
    Anak berpuasa | Istimewa
    JAKARTA, SuaraKepri.com – Orang tua sebaiknya tidak terlalu memaksakan buah hati mereka yang masih kecil untuk ikut berpuasa di bulan Ramadan ini. Anak yang dalam masa pertumbuhan tak boleh ditunda asupan gizinya agar perkembangan dan pertumbuhan anak menjadi maksimal.

    Ahli Gizi Klinik Dokter Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK mengatakan, ketika menahan lapar dan haus, anak-anak tentu berbeda dengan orang dewasa yang mungkin hanya merasakan lemas dan lemah

    “Kita harus hati-hati ketika mengajak anak kita berpuasa, karena kalau dia kekurangan energi ,ia tidak seperti orang dewasa yang hanya mengalami lemas dan ngantuk, tapi lebih jauh ini juga akan menganggu tumbuh kembang si anak,” kata Dokter Fiastuti usai talkshow Puasa Sehat dan Nikmat Bersama Gerakan Buavita Frutarian di Mesjid Istiqlal, Jakarta, kemarin (16/7).

    Kalaupun orang tua ingin mengenalkan anak mereka kepada berpuasa, dokter Fiastuti memperingatkan orang tua harus benar-benar memastikan bahwa si anak dalam kondisi siap untuk berpuasa.

    “Pertama ia harus sehat, anak tidak boleh sakit, kedua ia harus memiliki gizi yang sehat sehari-harinya, jangan anak yang kesehariannya sudah sulit makan lalu kita minta dia ikut puasa,” jelasnya.

    Dokter Fiastuti juga memperingati agar tidak langsung menerapkan berpuasa selama 14 jam pada anak. Melainkan perlu dilakukan secara bertahap.

    Kapan usia yang tepat untuk mengenalkan anak berpuasa, dokter Fiastuti mengaku tak memiliki ukuran usia yang ideal untuk mengajak anak berpuasa, namun dia menegasan agar para orang tua tidak memaksakan memperkenalkan ini pada anaknya yang masih balita.

    “Saya tidak mau katakan kapan ini tepatnya berpuasa karena agama sendiri mengatakan, anak yang diwajibkan berpuasa adalah setelah akil baliq. Tapi pokoknya saya gak mau anak balita sampai ikut berpuasa. Karena usia ini adalah usia dimana anak sedang pesat-pesatnya tumbuh dan berkembang, jadi jangan sampai ia kehilangan energi karena dampaknya akan sangat buruk,” tandasnya.

    [inilah]

    BAGIKAN

    TINGGALKAN BALASAN

    Silahkan tinggalkan komentar anda!
    Please enter your name here