Persiapan Provinsi Khusus Natuna, Kajian Terus Dilakukan

0
57

Natuna, suarakepri.com – Rencana pembentukan Provinsi Khusus Natuna, terus dilakukan persiapan. Persiapan terbentuknya Provinsi di daerah Gerbang Utara itu, termasuk melakukan kajian.

Rencana pembentukan Provinsi Kepulauan Natuna termasuk Anambas terus didengungkan.

Sepertinya tekad tokoh masyarakat dan tokoh politik di Natuna sudah bulat dan yakin Natuna dan Anambas menjadi Provinsi khusus.

Rencana dan impian Natuna menjadi satu Provinsi tersebut bahkan didengungkan Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal.

Hal ini dipaparkan oleh Bupati Kabupaten Natuna, Hamid Rizal kepada sejumlah wartawan di Kantor Bupati Natuna, pada hari Rabu (17/01).

“Kita terus melakukan persiapan, itu terkait kajian-kajian. Pemerintah pusat pasti menerima saja, bila itu memang suara dari keinginan masyarakat kita,” ujar Hamid.

Bahkan dukungan itu sudah terlihat dari beberapa pejabat strategis, termasuk unsur TNI yang memiliki pengaruh dalam pertahanan dan menjaga keutuhan NKRI.

“Kan sudah saya bilang sebelumnya, seperti dari KSAD, KSAU, hingga KSAL. Mereka memberikan masukan untuk dilakukan kajian terlebih dahulu,” jelasnya.

Natuna dan Anambas, lanjut Hamid merupakan daerah penyumbang terbesar dari sektor Minyak dan Gas (Migas).

“Kalau secara rincian jumlahnya kita tidak begitu tahu. Tetapi kita kan tahu sudah berapa banyak kita sumbangkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) hingga triliunan,” tegas Hamid.

Dengan terbentuknya Provinsi Khusus Natuna ini, maka lebih kurang akan berdampak kepada Natuna sendiri.

“Sumbangan kita yang begitu besar, maka diharapkan penghasilan itu dapat kita rasakan lebih besar lagi di Kas daerah,” tambahnya.

Untuk mendukung terbentuknya Provinsi Khusus Natuna ini, maka sebagian besar di daerah Natuna dimekarkan menjadi kabupaten dan kota.

“Kita kan sudah ajukan beberapa pemekaran di Natuna, seperti Kabupaten Natuna Utara, hingga kita harap Anambas menjadi dua kabupaten,” ungkapnya.

Penulis : Imam Agus

[sk]

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan tinggalkan komentar anda!
Please enter your name here