Petugas Pelabuhan Masih Berikan Pas Bekas ke Penumpang

Share:
Ilustrasi | Google

Ilustrasi | Google

PETUGAS di pelabuhanBaca » Belum Dibayar, Sub Kontraktor Ancam Cabut Lampu Penerangan Pelabuhan Dompak. domestik punggur masih mengedarkan pas bekas ke calon penumpangBaca » Perekonomian Lesu, Arus Penumpang di Pelabuhan SBP Menurun.. Diperkirakan hal seperti ini sudah lama terjadi. Menurut DPRD Kota Batam, hal seperti ini sudah masuk dalam kategori manipulasi pendapatan.

Arif, seorang PNS Pemko BatamBaca » Dahlan Himbau Tenaga Pendidik Tingkatkan Pengawasan. mengaku mengalami hal tersebut minggu lalu, ketika ia hendak dinas ke Tanjungpinang. Hendak masuk ke ruang tunggu, ia kaget karena mendapatkan pas bandara yang sudah sobek. Ketika ditanya ke pelabuhan, Arif mengaku mendapatkan jawaban yang aneh.

“Saya kaget , kok pas pelabuhannya sudah koyak. Ketika saya tanya malah dibilang bahwa pas pelabuhanBaca » Komisi II Lapor Kenaikan Pas Pelabuhan Dan Gesa Pelabuhan Dompak Ke Kementerian Perhubungan. itu memang untuk dikoyak,” katanya, hari ini (22/7).

Menurut Arif, pas pelabuhan yang harganya Rp 5000 sekali berangkat. Dan dalam pas tersebut dikatakan bahwa pas tersebut hanya berlaku sekali keberangkatan.

Wakil ketua III DPRD Kota Batam Aris Hardi Halim mengatakan tindakan mengedarkan pas bekas ke calon penumpang bisa dikatakan masuk ke dalam tindakan pidana. Dan ia mengatakan tindakan tersebut, adalah tindakan melanggar hukum berat.

Menurut Aris, pas pelabuhan masuk dalam kategori Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBK). “Ini sudah bisa dikatakan tindakan memanipulasi pendapatan negara. Dan ini sanksinya sangat berat,” katanya.

Aris juga mengkritisi, tidak adanya kerjasama dan komitmen yang baik di pihak BP BatamBaca » BP Batam Teken MoU Penyelenggaraan Jalan Nasional.. Ia mengatakan, tahun 2008 lalu, disepakati bahwa BP akan memberikan sistem bagi hasil dengan Pemko Batam dari pendapatan pelabuhan dan bandara. Tetapi saat ini, hal tersebut sudah tidak jalan.

“Kalau saya tidak salah, dulu disepakati Rp 1000 untuk pelabuhan domestik dan Rp 5000 untuk pelabuhan internasional,” katanya.

Bahkan Aris menduga, jangan-jangan kasus seperti ini bukan hanya terjadi di pelabuhan punggur, tetapi di semua pelabuhan yang ada di Batam. Ia berharap agar kejadian jangan sampai terulang lagi. Ia juga meminta BP Batam untuk melakukan pengawasan ketat terhadap semua petugasnya di lapangan.

Petugas Pelabuhan Masih Berikan Pas Bekas ke Penumpang | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose