Rumah Peradaban Arkeologi Natuna, Koridor Terdepan Nusantara

Share:

NATUNABaca » Tiga Pulau Natuna Akhirnya Terang Benderang. – Pusat Penelitian ArkeologiBaca » Program Peradaban di Natuna Mulai Dikembangkan Oleh Arkeologi Nasional. Nasional, Kementerian PendidikanBaca » Sekolah Dasar Juara Binaan RZ Akhirnya Diresmikan di Batam. dan Kebudayaan saat ini sedang mengembangkan program peradaban yang mengangkat tagline mengungkap, memaknai, mencintai kebudayaan Indonesia melalui peninggalan arkeologi.

“Program tersebut merupakan wujud pertanggungjawaban instansi Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, terhadap masyarakat berkenaan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan diberbagai wilayah Indonesia,”Kata peneliti Sonny.C.Wibosono, MA.DEA., saat memberikan materi sosialisasi pada acara Penelitian Arkeologi Nasional, Rumah Paradaban Natuna, di Aula SMAN 1 Ranai, Rabu (11/10).

Masih kata Sonny, Program Rumah Peradaban merupakan salah satu cara yang dianggap tepat untuk mengabadkan masyarakat masa kini tentang masa lalu, serta sebagai pembelajaran masa lalu untuk masa kini.

Lanjutnya, program tersebut merupakan sebagai wujud peradaban, baik material, tekstual, dan foto-foto dalam bentuk buku, banner dan leaflet.

Rumah Peradaban Arkeologi Natuna sangat penting untuk dijadikan aktivitas dan budayaBaca » Lis Kepada BPCB, Sebut Pulau Penyengat Cagar Budaya Religi. masa lampau Natuna, seperti barang-barang tinggalan masa lampau baik di darat maupun lautBaca » Forum Keselamatan Dan Keamanan Laut di Natuna Mulai Dibetuk. dan beberapa milik masyarakat.

Dijelaskan Sonny, manfaat dari Rumah Peradaban Arkeologi Natuna, salah satunya mendapatkan informasi tentang budaya masa lampau yang akurat dan teruji karena hasil dari penilitian.

Sehingga menyebarluaskan pengetahuan nilai-nilai budaya kepada masyarakat dari hasil penelitian melalui media informasi dalam Rumah Peradaban Arkeologi Natuna.

Sebagai koridor maritim di tengah Laut Natuna Utara, Natuna dapat dipastikan memiliki peran yang sangat strategis pada masa lampau hingga sekarang, dalam kaitannya sebagai pulauBaca » Meski Berpenghuni, Banyak Pulau-pulau di Natuna Yang Rawan Dengan Gangguan. terdepan dan yang dilalui oleh jalur pelayaran dan perdagangan global.

“Melalui Rumah Peradaban Akeologi Natuna dapat dijadikan sebagai pembelajaran untuk barang-barang bersejarah hasil dari penelitian oleh penelit,” tutup Sonny.

Hal sama disampaikan Kadis PariwisataBaca » Untuk Pertama Kali, Festival Melayu Dunia Dan Se-Nusantara di Lingga. dan Kebudayaan Natuna, Erson sangat mendukung dan mengaprisiasi Rumah Peradaban Arkeologi Natuna untuk menambahkan wawasan dan pengetahuan tentang tinggalan budaya Natuna.

“Kita berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan setiap tahunnya,” ucap Erson.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kadis Pendidikan Natuna Marka DJ, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Natuna Erson, Sekcam Bunguran Timur Bukhari, Kasat Reskrim Polres Natuna Kamaruddin dan di ikuti oleh puluhan pelajar tingkat SLTA se Kecamatan Bunguran Timur beserta guruBaca » 50 Guru TPA Bungguran Timur Mendapatkan Pelatihan Peningkatan Kapasitas.. (Iman)

Rumah Peradaban Arkeologi Natuna, Koridor Terdepan Nusantara | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose