Sapras Disdik Kepri Ekspidisi Monitoring Evaluasi SMA Pesisir Bintan

Share:

Tanjungpinang – Seksi Kelembagaan Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau menggelar monitoring dan evaluasi Sekolah Menengah Atas (SMA) disejumlah pulau terpencil di Kabupaten Bintan, Rabu (22/11).

“Monitoring dan evaluasi SMA di pulau-pulau pesisir Bintan ini adalah upaya untuk melihat kondisi langsung perkembangan SMA di pulau-pulau di Kepri, saat ini Bintan,” kata Kepala Seksi Kelembagaan Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Irwan Panggabean.

Dinas Pendidikan Kepri memonitoring SMA Negeri 1 Desa Mantang Besar, Kecamatan Mantang, Kabupaten Bintan, Kepri. Perjalanan menuju Mantang ditempuh melalui pelabuhan rakyat Kijang selama 20 menit.

S1etibanya di mantang, Tim monitoring Dinas Pendidikan Kepri langsung meninjau SMA Negeri 1 Desa Mantang Besar.

Kasi Sapras Bidang Lembaga SMA Disdik, Irwan Pangabean berfoto bersama dengan tenaga pendidik dan peserta pendidik SMA N 1 Mantang.

Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi SMA Negeri 1 Desa Mantang besar tengah membangun sebuah Ruang Kelas Belajar (RKB) bantuan yanng diajukan sekolah ke Dinas Pendidikan Kepri.

“Pembangunan satu RKB tengah berjalan,” kata Irwan Panggabean.

Kepala SMA Negeri 1 Desa Mantang Besar, Kecamatan Mantang, Kabupaten Bintan, Suhadi mengatakan, saat ini sekolah yang dipimpinnya memiliki 3 RKB, 111 peserta didik dan 17 tenaga didik, dengan status guru tidak tetap.

Suhadi berharap Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Pendidikan Kepri dapat membantu, dengan menambah RKB, Ruang Laboratorium dan sarana prasarana lainnya.

“Kami masih sangat membutuhkan RKB, siswa kami dari Pulau Dundun, Pulau Sirai, dan Pulau Mantang. Kami sangat membutuhkan penambahan RKB, Laboratorium IPA, Labor komputer, dan dukungan tenaga listrik,” katanya.

Selain masih kekurangan infrastruktur yang memumphuni, SMA Negeri 1 Desa Mantang Besar, Kecamatan Mantang ini juga tidak memiliki ruang perpustakaan yang mencukupi.

Saat berbincang dengan salah tenaga pendidik.

“Lihatlah perpustakaan kami masih minim dan sangat padat bukunya, kami masih membutuhkan ruangan,” kata seorang guru di SMA Negeri 1 Mantang.

Asmar, warga setempat mengaku SMA Negeri 1 Mantang Besar, Kabupaten Bintan menggunakan genset.

Ia mengatakan, sudah hampir setahun pengajuan untuk ketersedian listrik di Desa Mantang belum terrealisasi, meskipn sudah pernah dibahas saat Musrenbang.

“Disini kalau lampu hidupnya pukul 17.00 WIb sampai 07.00 WIb, kalau sekolah masih menggunakan genset, kami berharap pemerintah dapat segera menyediakan listrik 24 jam,” katanya.

Menanggapi gal tersebut, Dinas Pendidikan Provinsi Kepri berupaya untuk membantu sarana dan prasarana yang belum tersedia disejumlah pulau pesisir Kepri.

“Kita akan memonitoring sehingga sekolah.sekolah mana yang ada di pulau-pulau terdepan juga merasakan hal yang sama dengan di kota, agar dihindari terjadinya ketimpangan peserta didik,” kata Kepala Seleksi Kelembagaan Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Atas (SMA) Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Irwan Panggabean.

Irwan mengutarakan, Dinas Pendidikan Provinsi Kepri berupaya untuk pemerataan pembangunan SMA Negeri di Kepulauan Riau dapat terrealisasi sesuai amanah UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Dalam UU itu, Kewenangan pendidikan SMA dan SMK saat ini berada di Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

“Kami terus berupaya untuk membuktikan dari implementasi UU ini, bahwa Provinsi mampu mengelola SMA dan SMK untuk lebih baik. Jadi butuh dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Kepri maupun pusat,” katanya.

Diketahui Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau tengah membangun Unit Sekolah Baru (USB) tahun anggran 2017.

Pembangunan USB tersebut diantaranya SMA 18, 19, 21, 22 di Pulau Pecung, Kecamatan Belakang Padang Kota Batam, dan di Karimun saat ini tengah pematangan lahan, di Kecamatan Tebing. (AJ)

Sapras Disdik Kepri Ekspidisi Monitoring Evaluasi SMA Pesisir Bintan | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya