Satgas Desa Diberi Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG)

0
80

NATUNA – Untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi satuan tugas (Satgas) Desa atau Kelurahan, yang bebas kekerasan terhadap perempuan dan anak tentang PUG. Pemerintah Kabupaten Natuna, melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Natuna, menggelar Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG), di Rumah Makan Sri Srindit Ranai, Rabu (9/11).

Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) diikuti 85 peserta, yang berasal dari 20 desa dan kelurahan di sekitar Pulau Bunguran Besar.

Dalam sambutannya, Kepala Dinsos PPPA Natuna, Kartina Riawita, menjelaskan, sosialisasi PUG ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi satuan tugas (Satgas) desa atau kelurahan, yang bebas kekerasan terhadap perempuan dan anak tentang PUG.

“Diharapkan bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini, kelak bisa diterapkan pengetahuan yang didapatkannya untuk menjadi satgas yang handal dalam menyelesaikan masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak,” kata Kartina dalam sambutannya.

Lanjut Kartina menjelaskan, PUG merupakan suatu strategi untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender, melalui kebijakan dan program yang memperhatikan, Pengalaman (Pengalaman perempuan dalam pembangunan bagaimana proses menyusui, melahirkan dalam fasilitas masyarakat). Kebutuhan perempuan untuk mendapatkan informasi, pelayanan kesehatan dan lain sebagainya.

Serta aspirasi perempuan dalam pembangunan.

” Setelah sosialisasi ini kita akan membagikan bentuk banner atau spanduk kepada setap desa dan kelurahan, serta buku agenda untuk mencatat kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi desa mereka,”ucapnya.

“Terus tingkatkan kemampuan kalian dalam mengatasi masalah kekerasan perempuan dan anak, khususnya di Natuna yang terus meningkat,” Pesan Kartina kepada Satgas.

Kegiatan tersebut didukung langsung oleh P2TP2A Serindit Natuna. Adapun narasumber dari kegiatan Sosialisasi Pengarusutamaan Gender (PUG) tersebut, Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Kantor Pengadilan Agama (KPA).

Penulis : Imam Agus

[sk]

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan tinggalkan komentar anda!
Please enter your name here