Sekda Natuna Buka Sosialisasi Kajian Sistem Administrasi Kearsipan

0
48

NATUNA – Bupati Natuna, Hamid Rizal, diwakilkan Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi, membuka secara resmi Sosialisasi Kajian Sistem Administrasi Kearsipan.

Kegiatan ini dalam Rangka Perbaikan Sistem Administrasi Kearsipan Kabupaten Natuna bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, di Aula Kantor Bupati Natuna Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Senin (18/09) pagi.

Pada kesempatan tersebut, beliau menyampaikan penyelenggaraan kearsipan tidak lain bertujuan, untuk menciptakan kesediaan arsip yang otentif kepentingan pemerintah dan hak-hak pendataan serta keamanan arsip serta peningkatan mutu pelayanan.

“Fungsi kearsipan pemerintah saat ini masih sangat lemah, hal ini ditandai dengan sulitnya menemukan berbagai dokumen penting dalam program kerja, yang telah dilalui dalam beberapa tahun belakangan,” ujar Siswandi.

Untuk itu, beliau mengatakan organisasi perangkat daerah harus bisa meningkatkan pelayanan arsip terutama yang bernilai penting.

“Mengenai berbagai keterangan, proses dan berbagai dokumen informasi arsip untuk digunakan oleh generasi mendatang,” ungkapnya.

Mengingat pentingnya peran dan fungsi pelayanan kearsipan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Kegiatan/Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Natuna, Ir. Basri, M.Si melaporkan kajian administrasi kearsipan untuk memperbaiki sistem administrasi bagi pengelolaan kearsipan secara baik dan benar akan dapat meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah sehingga dapat membantu merealisasikan tata kelola pemerintah yang baik.

Tujuan kegiatan ini, adalah untuk perbaikan sistem administrasi kearsipan, khususnya dengan penyusunan jadwal insensi arsip ulang, yang merupakan dasar hukum pedoman dalam penyimpanan arsip yang mempunyai nilai guna atau juga nilai sejarah, dalam hal ini juga memusnahkan arsip yang bernilai guna sesuai dengan Peraturan Bupati atau Peraturan Daerah.

Penulis : Imam

[sk]

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan tinggalkan komentar anda!
Please enter your name here