Seribu Kedai Kopi Jadi Icon Wisata Baru Tanjungpinang

0
316

Tanjungpinang, suarakepri.com – Tumbuh pesatnya Kedai Kopi di Tanjungpinang, menjadi sebuah icon wisata baru bagi Kota Tanjungpinang.

Dengan tumbuh pesatnya ini, orang-orang luar menyebutnya bagai kota seribu kedai kopi.

Selain wisata kuliner, Kedai Kopi juga dapat disebut di Tanjungpinang bagian dari wisata baru.

Dengan dibanjiri kedai atau warung Kopi hampir disetiap sudut kota, kedai kopi menjadi pemandangan yang biasa disetiap jalan dilalui.

Mulai dari kedai kopi yang ada di Tepi Laut dengan terkenal angkringan Anjung Cahaya hingga Melayu Square, daerah Pasar hingga sampai Kilometer 15 arah kijang maupun arah Tanjung Uban.

Akau yang juga merupakan penyedia kopi, menjadi salah satu bagian legendaris kegemaran manusia yang hampir seluruhnya menyukai kopi.

Salah satu contohnya adalah Akau Potong Lembu yang telah ada puluhan tahun, selalu dipenuhi oleh pengunjung. Akau ini buka dari sore, pukul 15.00 Wib hingga tutup dini hari.

Hebatnya, dari ribuan kedai kopi yang ada di kota Tanjungpinang,  untuk menarik para pengunjung. setiap kedai kopi memiliki ciri khas masing-masing.

Dari bentuk dekorasi yang bernuansa khas tersendiri serta rasa kopinya yang berbeda-beda, walau kebanyakan kopi yang disajikan dari tiap-tiap kedai adalah Kopitiam maupun kopi Hawaii.

Seperi kedai kopi Daf yang berlokasi di Jalan RH Fisabilillah, Km. 5 atas ini memiliki ciri khas dekorasi yang disukai oleh kalangan anak muda.

Dengan dihiasi gambar-gambar motor dan gitar di setiap dinding kedai membuat kalangan mahasiswa asyik berada di tempat tersebut.

“Ide mendekorasi kedai kopi saya hanya menyesuaikan apa yang disukai oleh anak muda/mudi agar nyaman menikmati kopi, serta saya menyediakan Wi-Fi yang anti lelet,” kata Anuar pemilik kedai kopi, Kamis malam (18/01/2018).

Lain dengan kedai kopi Daf, nama kedai kopi Batman juga terkenal dan memiliki khas tarikan pengunjung tersendiri.

Kedai Kopi Batman yang memiliki cita rasa yang nikmat serta namanya yang unik ini memiliki banyak cabang, namun yang tidak pernah sepi pengunjungnya adalah kedai Kopi Batman yang berada di Jalan Gatot Subroto Km 5.

Dari keunikan tiap-tiap kedai kopi yang ada di Tanjungpinang. Hal itu diharapkan mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, khususnya penikmat kopi untuk menyinggahi dan menikmati kopi yang ada di Kota Tanjungpinang.

Manfaat kedai kopi, yaitu sebagai tempat menemukan ide dan gagasan. Bahkan, bagi para penikmat kopi, warung kopi adalah sumber informasi dan inspirasi.

Lebih jauh lagi, kedai kopi dapat membentuk aktualisasi dalam berbagai sektor seperti ekonomi dan sosial.

Bagi kalangan Mahasiswa dan pelajar, menikmati kopi bukan hanya bagaimana merasakan sensasi manis dan pahit, tetapi bagaimana ngopi sembari bisa menikmati free Wi-Fi yang disediakan.

Pada awalnya, ngopi hanyalah aktivitas mengisi waktu luang dan tempat untuk istirahat dari kepenatan. Namun kebiasaan ngopi telah melahirkan sebuah subkultur baru, dan berkembang menjadi gaya hidup.

Penikmat kopi kini beragam, mulai dari pemulung hingga para pejabat, tak hanya laki-laki namun juga perempuan, tua dan muda berbaur. Tidak ada sekat dalam hal siapa peminat kopi.

Ini membuktikan bahwa, warung kopi mempunyai potensi kultural yang dapat menggiring masyarakat ke arah pembauran sosial, serta tempat untuk menghabiskan waktu istirahat sekaligus menikmati fasilitas WiFi gratis yang disuguhkan oleh pemilik kedai kopi.

Penulis : Erial

[sk]

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Silahkan tinggalkan komentar anda!
Please enter your name here