Syahrul Optimis Pertahankan Adipura

Share:

TANJUNGPINANG, SuaraKepri.com – Menjelang penilaian AdipuraBaca » Penyerahan Adipura Hingga Rakernas. Tahun 2013 / 2014 ini, Pemko TanjungpinangBaca » Jabatan Sekda dan Kasatpol PP Tanjungpinang Kosong. melalui Badan Lingkungan HidupBaca » Penyerahan Adipura Hingga Rakernas. (BLH) Kota Tanjungpinangnya siap mempertahankan Piagam Adipura.

Adipura yang telah diraih oleh Pemko Tanjungpinang pada tahun sebelumnya akan dipertahankan dan raih kembali pada tahun ini. Untuk mencapai itu, ada beberapa hal penilaian yang harus dicapai pada bulan Februari 2014 ini.

BLH pun menggelar Ekspos Adipura yang dipimpin langsung Oleh Wakil Walikota Tanjungpinang H. SyahrulBaca » DPRD Kota Tanjungpinang Gelar Paripurna Pertanggung Jawaban Anggaran Tahun 2016., S. Pd, di Ruang Rapat Lantai II Kantor Walikota Senggarang, Selasa (28/01).

Dalam pemaparan ekspos tersebut, berbagai permasalahan yang di bahas terkait evaluasi, kriteria, indikator dan skala nilai fisik dan non fisik program adipura yang merupakan hasil dari pantauan tim penilai kota sehat pada waktu lalu.

Wakil Walikota H. Syahrul, S. Pd menjelaskan untuk menghadapi Piala Adipura ke-11 yang akan berlangsung penilaiannya pada bulan Februari mendatang. “Untuk tetap dapat meraih dan mempertahankan Piala Adipura yang pernah kita raih sebanyak sepuluh kali, kita semua perlu action dan saling bekerjasama, bertekad dengan sungguh-sungguh, baik dari Instansi terkait, Camat, Lurah, dan juga peran dari masyarakat,” ujar Syahrul.

Kata Syahrul, yang perlu diperhatikan dalam penilaian nanti bahwa di setiap pemukiman diwajibkan memiliki pengomposan, untuk area perkantoran, sekolah, pertokoan, terminal, dan pasarBaca » Pasar Baru KUD Kembali Beroperasi Setelah Diresmikan Wako..

“Perlu adanya  ketersedian air bersih, kebersihan wc, ruang terbuka hijau dan drenase serta tempat sampahBaca » Menjelang Penilaian Akhir Adipura, Sampah Banyak Menumpuk di Sudut Kota ., untuk TPA perlu diperhatikan  prasarana dasar, sarana penunjang dan kondidi area,” jelasnya.

Sementara untuk sungai dan hutan kota sangat perlu diperhatikan kebersihannya, lanjutnya.

Untuk itu Syahrul pun menghimbau kepada Instansi terkait, Camat dan Lurah, RT/ RW maupun masyarakat untuk  memantau dan memperhatikan serta bertanggjawab kepada daerahnya masing-masing.

“Kemudian kepada Lurah-Lurah untuk dapat menggerakkan masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungannya,  dan apabila mendapat kendala dilapangan untuk segera melaporkan kepada Badan Lingkungan Hidup (BLH),” paparnya.

Dan satu lagi yang perlu di ingat, tambahnya agar setiap kantor, pemukiman, maupun sekolah-sekolah,  jangan sampai ada pembakaran sampah dan memotong atau menebang pohon di jalan besar.

“Terkecuali pohon tersebut dapat membahayakan masyarakat atau pengguna jalan, apabila hal tersebut perlu dilakukan, hendaknya terlebih dahulu dapat melaporkan ke Dinas Tata Kota Tanjungpinang,” tegasnya.

Lanjut, ia meminta untuk semua aspek yang nilainya jauh dari target yang diharapkan,  untuk segera dibenahi.”Saya berharap semua pihak untuk dapat memperbaiki nilai dari semua aspek yang dinilai dari adipura, dengan harapan Kota Tanjungpinang dapat mempertahankan  dan memperoleh nilai terbaik pada Adipura 2014 mendatang,” katanya lagi.

Seminggu ekspos ini dibuat oleh Pemko Tanjungpinang, Syahrul rencananya akan turun untuk memantau  ke lokasi yang nilainya masih dibawah standard.

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tanjungpinang Gunawan Grounimo dalam ekspos yang dipaparkannya mengatakan pihaknya  telah melakukan pembenahan di sejumlah titik pantau.

“Pembenahan itu dilakukan seperti di area pemukiman, sekolah-sekolah, perkantoran, terminal, pasar, pertokoan, puskesmasBaca » Lis : Puskesmas Standart ISO Harus Beri Pelayanan Prima., hutan kota dan sungai serta tempat pembuangan Akhir (TPA), agar mengaktifkan kembali bak sampah, pengomposan dan tidak melakukan pembakaran sampah,” ujar Gunawan.

Pada Ekspos tersebut,  turut di hadiri Asisten  Perekonomian pembangunan  dan Kesra Drs. H. Ahadi, Kepala Sekolah, Camat, Lurah, serta Instansi terkait penilaian adipura.

Syahrul Optimis Pertahankan Adipura | Redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose