Syahrul Pinta Masyarakat Patuhi Aturan Pemilu

Share:

Simulasi Pengamanan Pemilu 2014

Wawako Tanjungpinang, Syahrul saat memberikan pengarahan. | humas

Wawako Tanjungpinang, Syahrul saat memberikan pengarahan. | humas

TANJUNGPINANG, SuaraKepri.com – Dalam rangka pemilihan legislatife yang jatuh pada tanggal 9 Apri 2014 mendatang, tidak lama lagi akan berlangsung. Polres Kota Tanjungpinang pun menggelar simulasi sistem pengamanan Pemilu 2014, pada hari Selasa (11/3). Simulasi pengamanan ini dihadiri oleh wakil Wali Kota Tanjungpinang, H. Syahrul, S. Pd, Kapolres AKBP Patar Gunawan beserta jajaran pelaksanaan Pemilu.

Simulasi ini melibatkan seluruh satuan personil Polisi dan dibantu TNI, Dishub, Satpol PP dan Linmas yang akan terlibat dalam pengamanan pemilu 2014 nanti.

Simulasi ini sangat penting dan bermakna dalam memberi pemahaman dan pembelajaran dalam pelaksanaan pemilu nanti. “Simulasi pengamanan pemilu ini dapat mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi dalam pelaksanaan pemilu nantinya,” ujar Syahrul, wakil Wali Kota Tanjungpinang.

Menurut Syahrul, kepada semua element masyarakat dan pihak yang terkait dalam pelaksanaan pemilu legislatife nanti, hendaknya terus berkoordinasi dan saling bersinergi agar terciptanya kebersamaan untuk mensukseskan pemilu legislatife dengan aman dan tertib.

“Pemerintah berharap semua element masyarakat yang terkait dalam pelaksanaan pemilu mendatang untuk mematuhi aturan-aturan yang telah disusun oleh pihak penyelenggara pemilu yaitu KPU,” tegasnya.

Syahrul yakin dan percaya dengan kebersamaan semua pihak, pelaksanaan pemilu 2014 akan datang berjalan dengan sukses, “Dan kepada stakeholder yang terkait, saya ucapkan terimakasih atas kerjasamanya dalam pelaksanaan pemilu nantinya,” kata mantan ketua PGRI Tanjungpinang tersebut.

Sementara itu, AKBP Patar Gunawan mengatakan kegiatan ini merupakan wujud kesiap siagaan dari pihak Polri yang didukung oleh penyelenggaraan pemilu yaitu KPU, Pemko Tanjungpinang, TNI, dan segenap element masyarakat. “Sebagaimana yang telah diamanatkan di dalam UU agar kita bersama-sama dalam memelihara kamtibmas, supaya pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan kondusif,” ujar Patar.

Selain itu, Patar menjelaskan apel ini merupakan sarana pelatihan bersama-sama segenap element masyarakat untuk memberikan gambaran dalam pelaksanaan pemilu mendatang, dimana setiap tahapannya kita tampilkan.

“Sehingga dapat menyatukan langkah dan presepsi daripada stakeholder yang ada, sehingga pada pelaksanaan kedepan akan semakin lebih baik, professional dan proposional pemilu sesuai dengan tupoksi kita masing-masing,” paparnya.

Semua ini, menurut Patar demi terciptanya iklim politik yang kondusif pada pemilu yang akan datang. “Pada apel persiapan ini lebih difokuskan pada pengamanan pemilu, langkah-langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi dari gejolak di masyarakat, simulasi yang akan ditampilkan nanti adalah gambaran pengaman di TPS, pengamanan PPS serta kantor KPU,” tegasnya.

Terlebih lagi, pengamanan distribusi logistik, pengamanan pada saat kampanye, pengamanan pada pemungutan dan perhitungan suara, serta pengamanan bagaimana mengamankan situasi di TPS sangat penting.

“Untuk Saya berharap pelaksanaan pemilu yang akan datang nanti, berjalan dengan aman, tertib dan lancar sesuai yang kita harapkan,” ungkapnya.

Turut hadir pada pelaksanaan simulasi ini, ketua KPU Kota Tanjungpinang Robby Patria, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), serta jajaran Pemerintah Kota Tanjungpinang. (Akok)

Syahrul Pinta Masyarakat Patuhi Aturan Pemilu | redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya