Ternyata Olahraga Bikin Kita Kreatif

    0
    782
    Olahraga secara teratur bisa membuat pikiran lebih kreatif. | REUTERS/David W Cerny

    SEBAGIAN besar orang berolahraga untuk menurunkan berat badan atau meningkatkan kebugaran. Namun, manfaat olahraga ternyata tak hanya sebatas pada dua hal tersebut.

    Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience, berolahraga bisa membuat orang berpikir lebih kreatif. Namun para peneliti menekankan bahwa manfaat ini diperoleh pada mereka yang berolahraga secara teratur.

    “Kami berpikir bahwa gerakan fisik baik untuk kemampuan berpikir fleksibel, namun jika tubuh terbiasa aktif,” kata peneliti dari Leiden University, Belanda, Lorenza Colzato seperti dilansir laman Daily Mail.

    Dalam studi ini, Colzato melihat dampak olahraga pada dua bagian utama kreativitas, yakni pemikiran divergen dan pemikiran konvergen. Pemikiran divergen terkait dengan munculnya sebanyak mungkin solusi terhadap suatu masalah. Sementara pemikiran konvergen terkait pada satu solusi tunggal terhadap suatu masalah.

    Colzato kemudian meminta dua kelompok responden melakukan tugas yang membutuhkan pemikiran. Kelompok pertama diketahui berolahraga setidaknya empat kali setiap pekan dan kelompok kedua tidak berolahraga sama sekali.

    Mereka diminta mencari keterkaitan yang sama antara tiga kata yang tidak saling berhubungan. Hasilnya, responden yang berolahraga teratur lebih unggul ketimbang mereka yang tidak berolahraga. (umi)

    [viva]

    BAGIKAN

    TINGGALKAN BALASAN

    Silahkan tinggalkan komentar anda!
    Please enter your name here