Tidak Kantongi Ijin, Demo Hotel BBC Dibubarkan Paksa

Share:

Batam, SuaraKepri.com – Aksi demonstrasi yang digelar puluhan orang dari tiga gabungan organisasi kemasyarakatan (ormas) di depan Hotel BCC & Residence, Nagoya, Sabtu (15/2) berakhir ricuh.

Demo yang berjalan singkat itu mempertanyakan ijin Amdal pembangunan hotel megah tersebut. Karena tidak mengantongi ijin untuk melaksanakan aksi demo, demo tersebut akhirnya dibubarkan paksa.

Tetapi pembubaran paksa oleh pihak Polresta Balerang dan Polsek Lubuk Baja ini mendapat perlawan dari para pendemo. Sehingga penolakan ini membuat antara pihak kepolisian dan para pendemo bersitegang dan adu mulut.

Kapolsek Lubuk Baja, Kompol Aris Rusdiyanto menerangkan kepada SuaraKepri.com bahwa mereka ingin berdemo, tapi tanpa memberikan pemberitahuan ke polisiBaca » Wakapolres : Oknum Yang Selingkuh, Merusak Citra Polri.. “Izin baru dimasukkan tadi malam. Padahal sesuai prosedur, minimal tiga hari sebelumnya sudah harus ada pemberitahuan ke pihak kepolisian setempat,” tegas Aris.

Aris menjelaskan, pihaknya tidak bermaksud untuk menghalangi dan menghambat aksi para pendemo. “Tetapi kita ada prosedur yang harus dipatuhi. Jika pendemo mempertanyakan masalah amdal, sebaiknya langsung ditanyakan ke instansi terkait seperti Bappedalda Kota Batam dan instansi lainnya,” ujarnya.

Kata Aris, tujuan demo harus, jangan mendadak seperti ini. “Terpaksa kami bubarkan, sebab ada warga asing juga yang menginap di sini demi keamanan semuanya,” terang Aris.

Sementara itu, Eksekutif Asisten Manajer BCC Hotel, Jelita Qhadaril, ketika dikonfirmasi terkait demo ini mengatakan, aksi tersebut tidak tepat karena semua perizinan pendirian hotel sudah lengkap sesuai aturan.

“Semua perizinan sudah kami kantongi, baik itu izin amdal, izin sertifikat kesehatan dan lainnya, semua bisa kami buktikan,” kata Jelita.

Disinggung tentang isu yang beredar jika Hotel BCC tak mengantongi perizinan dari pemerintah termasuk ijin Amdal, lanjut Jelita, bisa jadi ada kesengajaan dari pihak lain dan tak bertanggung jawab yang ingin menjatuhkan keberadaan Hotel BCC.

“Izin layak kesehatan dari Dinkes sejak awal sudah kami kantongi, izin amdal juga sudah. Dulu awalnya memang bangunan ini apartemen, setelah itu diubah jadi hotel dan apartemen. Izin Amdal dulu memang untuk apartemen,” ceritanya.

Akan tetapi, lanjut Jelita pihak Bappedalda Kota Batam minta harus ada izin Amdal hotel dan minggu lalu sudah terbit izin Amdal untuk hotel. “Silahkan cek ke dinas terkait, cek perizinan Hotel BCC ini bahwa semua lengkap perizinannya,” ungkapnya. (Indralis)

Tidak Kantongi Ijin, Demo Hotel BBC Dibubarkan Paksa | Redaksi

Komentar Pembaca


Berita Lainnya

Baca jugaclose